Menyembuhkan Sakit Calicivirus pada Kucing dalam Waktu 4 Hari

January 06, 2016 Istiana setya rahayu 75 Comments




Menyembuhkan Calicivirus pada Kucing dalam Waktu 4 Hari

Sesuai dengan judul post aku, aku mau sharing mengenai pengalamanku menyembuhkan "si anak" yang terkena Calicivirus. Untuk yang belum tau apa itu Calicivirus, ini penjelasan singkatnya:


Calicivirus termasuk salah satu penyebab gangguan pernafasan pada kucing. Penyakit saluran pernafasan bisa disebabkan sekelompok virus dan bakteri seperti Virus Feline Rhinotracheitis dan bakteri Chlamydia (sekarang Chlamydophila). Penyakit-penyakit ini dapat menyebabkan pilek dan mata berair. Calicivirus dan rhinotracheitis menyebabkan sekitar 85-90% dari seluruh penyakit pernafasan pada kucing.Calicivirus tersebar di seluruh dunia dan dapat menyerang semua ras kucing. Vaksinasi telah mengurangi kejadian dan keparahan gejala klinis penyakit ini. - kucingkita.com
Nah, jadi aku mau sharing nih pengalamanku dimana sekitar 2 minggu yang lalu aku mendapat kabar dari sang adik bahwa salah satu kucingku sedang sakit. Dia mengatakan bahwa sakitnya parah banget setelah 24 jam sempat menghilang (ngumpet di dalam rumah namun ga keluar sama sekali) dan menurutnya aku harus turun tangan. Aku hanya memberikan instruksi untuk menyuapin kucingku dan memisahkan dia dari kucing-kucing kami yang lain.

Karena khawatir, aku segera memutuskan pulang ke Bekasi (aku ngekos di Jakart ) dan sekitar jam setengah sembilan malam aku sampai rumah. Sampai rumah aku langsung buka pintu kamar dan melihat Cream sedang berdiri dekat tempat minumnya.

Aku pikir tidak ada yang aneh, namun aku mencium sesuatu yang tidak enak. Bau seperti ada ikan busuk didalam kamarku dan ternyata bau tersebut berasal dari kucingku yang sakit.

Panik aku melihat dari mulutnya keluar liur yang secara terus tiada henti, belum lagi dia terlihat tidak mau menutup mulutnya. Akhirnya aku coba untuk membeli kelapa muda untuk memberikan air kelapa tersebut karena khawatir kucingku akan dehidrasi.

Setiap 10 menit sekali, aku suapin si Cream dengan air kelapa. Ajaibnya dalam waktu 2 jam setelah secara berkala aku suapin air kelapa kedalam mulut Cream maka liur yang sedari tadi menetes mulai berkurang banyak dan nafas mulutnya mulai tercium bau air kelapa.

Sekitar pukul setengah dua malam aku mengantuk dan mengajak Cream untuk tidur disisiku sambil menggegam tangannya. (Hal favorite aku kalo kucing sedang sakit, aku genggam tangannya sambil tidur hehehe)

Oh ya kondisi Cream saat itu ialah, kuping dia yang kotor sekali dan terlihat kotoran dari telinganya yang sampai keluar dan kering di sekitar daun telinganya. Wajah yang lesu, mulut bau, tidak mau makan, lemas namun untuk bulunya masih bagus dan kinclong (ga kusut). Untuk suhu tubuh Cream tidak tidak dingin ataupun demam.

Pagi harinya, aku mencoba googling dan membaca bahwa tanda-tanda sakit yang dialami Cream adalah mendekati penyakit yang bernama Feline Calicivirus.


Penyakit ini berkembang secara cepat dan tiba-tiba. Kucing yang tadinya terlihat sehat bisa saja besoknya terlihat lesu dan sakit.Tanda-tanda kucing sakit yang umum berupa bersin (tidak sebanyak Feline Rhinotracheitis), batuk, pilek, cairan berlebih dari mata dan hidung. Luka (ulkus) seperti sariawan pada hidung, mulut, lidah atau bibir yang menyebabkan kucing tidak mau makan karena kesakitan saat mengunyah makanan. Kadang-kadang ulkus juga terjadi di sela-sela cakar.  Demam tinggi, sulit bernafas akibat radang paru-paru (pneumonia). - kucingkita.com
Aku juga sempat membaca bahwa tingkat kematian kucing karena Calicivirus sekitar 67%, ga mau kehilangan Cream,aku memutuskan untuk membawanya ke dokter di pagi harinya. Belum lagi memang sedang banyak kasus kematian kucing karena virus akhir-akhir ini yang sering di share oleh teman-teman di grup facebook.

Sekitar jam 9 pagi aku berangkat dari rumahku menuju pet shop Mahardika yang berada di bintara. Sesampai disana, aku bertemu dokter Kartika, beliau mengecek dan menyatakan bahwa Cream terkena Calicivirus. Dokter Kartika langsung mengambil tindakan dengan memberikan vitamin dan obat-obatan namun tidak diberikan antibiotik karena kondisi Cream yang terbilang tidak lemas. 

Dokter Kartika menjelaskan bahwa selain terkena Calicivirus yang menyebabkan sariawan disekitar gusi mulutnya, telinga Cream juga terkena virus. Jadi Beliau mengatakan bahwa Calicivirus memang menyerang saluran pernafasan seperti tenggorokan, hidung dan telinga (THT).

Aku bertanya apakah ada obatnya? Sang dokter hanya menjawab, "obatnya adalah daya tahan tubuh dia sendiri. Jadi harus diberikan asupan makanan dan vitamin agar imun tubuhnya mampu mengalahkan virus tersebut."


Kartu Berobat Cream dan struk pengobatannya.

Usai pemeriksaan, aku membeli vitamin Virbac Nutri-gelplus (Harganya Rp. 108.000) untuk kuberikan kepada Cream dan keempat kucingku lainnya agar tidak mudah terkena sakit dan untuk sakit sariawan di gusinya aku belikan obat salep kenalog yang dapat dibeli di apotik biasa. Kenalog (Harganya Rp. 62.000) adalah obat sariawan untuk manusia dan aman apabila tertelan.


Selain itu, setiap pagi antara jam 7-9, aku mengajak Cream keluar rumah untuk aku jemur selama 5-15 menit.
Ilustrasi dari google.

Sedangkan untuk makanan, sementara aku berikan a/d Hills Prescription Diet Canine/Feline Critical Care. Sebenarnya makanan lunak lainnya juga bisa, namun aku terbiasa memberikan a/d untuk kucingku yang sakit dan tidak nafsu makan. Sekaleng a/d biasanya habis untuk 2-3 hari untuk satu kucing. 


Selama 2 hari, Cream masih belum mau makan sendiri jadi aku terus menyuapinya dengan a/d dan sebelum tidur diberikan kenalog. Aku juga rutin mengelap liur yang terus keluar dari mulutnya. Untuk minum, Cream masih mau minum sendiri bahkan cukup banyak kalo dia sedang minum.

Hari ketiga, mulut Cream sudah mulai mau menutup. Aku coba memberikan whiskas tuna wet food dan ternyata Cream sudah mau memakannya sendiri. Wah seneng banget deh rasanya.
Mulai udah baikan dan posisi tidurnya mulai kembali sembarangan. lol


Cream: "Aku dikasih taburan bunga melati supaya wangi, kata bunda sih gitu."

Hari keempat, Cream sudah mulai meraung untuk keluar kamar, mungkin bosan kali ya di kamar terus tapi aku belum membiarkannya untuk keluar kamar karena khawatir belum sembuh total. Namun sariawan dibagian gusi didepannya sudah mengecil dan warna gusi tidak memerah seperti pertama kali aku memeriksanya.

Hari kelima, Cream sudah aku perbolehkan keluar kamar dan dia langsung menyantap dry food yang tersedia untuk kucing aku lainnya.

Ternyata apabila kita telaten merawat kucing yang sakit, insya Allah akan diberikan kemudahan dan kesembuhan.

Oh ya, pada hari keempat ternyata kucingku yang lainnya ada tertular Calicivirus bahkan warna pupnya sampai ada darah. Kata dokter Kartika itu terkena diare, jadi hari minggunya aku bawa Bella ke Mahardika pet shop dan pulangnya membawa 3 obat untuk diare Bella. Ya lumayan sih, untuk obat vitamin dan salep sariawannya bisa sharing dengan Cream. Alhamdulillah dalam waktu 4-5 hari Bella juga sembuh.


Bella yang sedang tergulai sakit


Obat diare Bella.


Pesan untuk cat lovers, kalau melihat kucing kamu dengan tanda-tanda di atas, aku anjurkan untuk segera bawa ke vet/dokter hewan terdekat. Kalau budget kamu kecil, bisa cari ke dokter hewan dengan biaya konsultasi + tindakan yang murah seperti di Mahardika (Kalian bisa lihat kalau biayanya cuma sekitar 50.000, sedangkan untuk obat-obatan seperti vitamin dan suntik cuma 50.000). Standar biaya konsul sih kalau di vet besar sekitar 100.000 tapi kalau bisa dapat yang murah, kenapa tidak? Calici bukan virus biasa, bagaimanapun kita semua perlu saran dokter dan setelah itu baru dari kitanya yang usaha dan berdoa agar kucing segera sembuh.

You Might Also Like

75 comments:

  1. thanks, buat infonya, bagus banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tamie, senang juga bisa berbagi pengalaman ke sesama cat lover :D

      Delete
  2. Kucingku terserang nih tp masih mau makan dan minum sendiri... kira2 obatnya apa ya? Blm aq vaksin sih blm tau boleh vaksin g sm dokternya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ria, kalo lagi sakit ga bisa disuntik vaksin dulu, harus nunggu sampai sembuh dulu.

      Saran aku, saat ini pisahkan kucing ke ruang isolasi agar tidak kontak sama kucing lain.


      Sebaiknya dibawa ke dokter untuk mengecek lokasi sariawan dan diberikan suntikan yg diperlukan. Setelah itu jaga makan dan minum kucing serta berikan asupan vitamin :)

      Delete
    2. Kucing sy terkena penyakit FCV (Feline celici Virus) awal nya sblm sy mengetahui cimbom (nama kucing) terkena FCV. Sy bawa cimbom ke dokter, dokter blm sempat mendiagnosis cimbom terkena penyakit apa, karna saat itu cimbom diare pup nya cair sekali, namun tidak sampai berdarah dan tidak ada cacing nya, dokter memberikan obat diare, minyak ikan omega,vitamin gel, dan makanan basah supaya buat mancing nafsu makan, dan sy suapin utk makan setiap 5 jam sekali sesuai anjuran dokter. Setelah 3 hari, kondisi cimbom sdh sangat membaik, namun salah nya sy, pada saat membaik sy tidak konsultasikan kembali ke dokter dan berhenti meminumkan obat diare nya, keesokan nya cimbom drop malah kondisi nya lebih buruk pada saat itu, kondisi nya cimbom, mata berair, flu, demam, nafas sesak, lesu, langsung sy bawa ke dokter lagi, dan dokter menyatakan cimbom terkena FCV, lalu obat diganti, obat yg diberi khusus utk mematikan virus itu dan menguatkan daya tahan tubuh nya, namun dokter tidak sepenuh nya bilang obat tersebut efektif, yg benar - benar mampu mematikan virus tersebut cimbom sendiri. Saran dokter cimbom hrs istirahat full di dlm kandang, kandang setiap hari hrs dicuci, seminggu sekali kandang cuci dgn karbol, tmpt yg bersih, di seka - seka mata, hidung dan anus nya dgn air hangat, air panas taruh mangkuk dan dekatkan kucing dgn air tersebut jgn terlalu dekat, lalu di lap hidung dan mata dgn tisu, setelah bersih semua masukan dlm kandang lagi, taruh litter box selama 10-30 menit utk dia pup, setelah dia pup keluarkan litter box agar kandang tetap steril. Setelah dlm seminggu cimbom sdh tidak flu dan makan sendiri. Oiya cimbom kucing persia kitten umur 2,5 bln, jdi blm blh suntik kata dokter apalagi dgn kondisi yg blm fit. Maka dari itu hrs benar benar bersih merawat kucing apalagi sedang keadaan sakit. Semoga membantu buat cat lover.

      Delete
    3. terima kasih untuk sharing pengalamannya. kasian banget cimbom masih 2,5 bulan ya :(

      pokoknya kalo rawat kucing lagi sakit ga boleh setengah-setengah karena mereka ga bilang kalo sakit di bagian mananya.

      Delete
  3. Halo, ka mau tanya, kucingnya udh sampe gejala suara serak2 belum ya? Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Hai ka,mau tanya untuk dosis salepnya apakah sama untuk kucing? Karena kucing ku msh kitten ka. Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Kucingku pernah kejadian seperti ini dengan gejala awal bau mulut kucing tidak sedap

    ReplyDelete
  6. Hai mau tanya selama kucing kamu sakit, kamu mandiin ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lagi sakit kucing ga boleh mandi :)

      jadi tunggu sampai benar2 sembuh saja baru sudah bisa dimandikan lagi. kalo kotor karena liur, cukup di bersihkan dengan tissue kering.

      Delete
    2. Makasih reply nya ya. Mau tnya lg selama sakit itu kucing mu pup ga?

      Ini kucingku udah mulai sembuh, udah mau makan sendiri udah g ilerN lagi juga, tapi belum pup ni. Obat nya diabisin aja ga ya?

      Delete
    3. Hi Suci, kalo pup memang pada awalnya selama sakit kucingku lebih sering pipis, dia akan baru pup ketika sudah mulai makan banyak jadi terus dikasih makan teratur. Untuk obat apa nih? kalo obat minum seperti vitamin memang harus dihabiskan tapi untuk salep sariawan diperiksa saja gusinya kalo masih memerah ya tetap diberikan tapi kalo gusi sudah normal dan kucing sudah makan sendiri bisa dihentikan :)

      Delete
  7. Hi mba, aku baru nemu artikel ini hasil browsing, agak telat karna akhirnya kucingku harus nginep di klinik 3 hari karna penyakit yg sama :’-( artikelnya bagus mba, next time (jangan sampe) kalo ada gejala yg sama, bisa langsung di praktekan :-)

    ReplyDelete
  8. Kak makasih infonya..kucing aq juga lagi sakit kemarin pagi masih sehat mulutnya masih nutup kaya biasa..terus sorean jam 3 aq pulang kuliah ga tau kenapa kucingku lidahnya menjulur gitu terus keluar air liur banyak bgt..lidahnya kaya bengkak gitu, dy sebenernya laper bgt cuma pas mau makan susah..kira2 pertolongan gimana ya kak? Soalnya di daerahku ga ada dokter hewan

    ReplyDelete
  9. Kucingnya disuapin mau? Aku berontak terus karna sariawannya sakit kali ya jdnya dia lemes bgt

    ReplyDelete
  10. kak aku mau tanya. kucing aku kemarin masih baik-baik saja. dan malam harinya dia menyendiri aku baru tau di tangan sama kaki nya ada luka bulat seperti lubang dan dia ga nafsu makan badannya ga panas dan ga dingin juga. awal dia sakit dia muntah sekitar 4kali dan muntahnya terdapaat busa dan sisa mkanan . aku liat pupnya warna ijo tapi tidak keras yaa kayak lunak gitu. bantu info nya kak plis

    ReplyDelete
  11. Kucing ku tidak mao makan, kurus, sudah ganti makanan, sudah di pindah kandang dan di isolasi steril. Tapi tetap tdk mao makan. Minun pun harus di paksa.sudah di bawa ke petshop dan di suntik vitamin, tapi makanya masih sulit sekali

    ReplyDelete
  12. Kucing ku sakit dan tdk mau makan. Sudah di bawa ke petshop dan di suntik vitamin. Di beri makanan berbeda dan di isolasi di kandang steril tapi masih tdk mau makan. Diberi antibiotik juga oleh dokter. Dan di ganti makananya. Tapi lemah sekali. Apa yg hrs aku lakukan

    ReplyDelete
  13. Kalau emang sakit gusi atau mulut apa obatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo syafrizal maaf baru balas, baru buka blog lagi /bows/
      kalau susah makan memang kita wajib suapin terus saya dulu begitu, tiap pagi-siang dan malam harus disuapin, suka atau ga suka kucingnya, harus paksain biar perutnya ga kosong.

      kalau sakit gusi karena sariawan bisa diberikan salep kenalog (itu obat untuk manusia dan aman kalau tertelan).

      Delete
  14. Halo mb, salam kenal ya.
    Kucing ku jg kena calicivirus. Kemarin cream dapat obat apa aja ya? Aku sih udah dikasih antibiotik sama vitamin sama dokternya. Tp blm sembuh nih udah seminggu... Hiks.
    Oiya kalo dibikinin makanan lembut sendiri bisa kan ya?
    Makasih sebelumnya mb ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak, Cream waktu itu cuma diberi suntikan vitamin + antibiotik, pulangnya diberikan vitamin minum yg dimasukan dalam suntikan kecil itu juga cuma 2 buah. sisanya diberikan aja vitamin virbac nutri gel dan untuk penyembuhan sariawan di gusi, aku kasih salep kenalog.

      Kalau makanan lembut sendiri bisa kok, selama dia mau makan ya kasih aja :)
      Semoga cepat sembuh, memang cepat atau tidaknya tergantung dari cara kita merawat dan ketahanan tubuh si kucing, jadi wajib harus dapat gizi yang banyak biar bisa kalahin si virusnya.

      Delete
  15. Halp kak, kucingku terkena sariawan di gusinya, dan giginya mau tanggal .. aku bawa ke vet kata dokter normal karna masa pertumbuhan. Kira-kira kucing kakak setelah sembuh nafsu makannya bagaimana ya kak? Soalnya kucing aku mau makan tapi sedikit bisa di bilang kurang nafsu saat makan.T.T

    ReplyDelete
  16. Halo kak, kucingku terkena sariawan di gusinya, dan giginya mau tanggal .. aku bawa ke vet kata dokter normal karna masa pertumbuhan. Kira-kira kucing kakak setelah sembuh nafsu makannya bagaimana ya kak? Soalnya kucing aku mau makan tapi sedikit bisa di bilang kurang nafsu saat makan.T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Farida, kalau menurut vet itu normal maka tidak perlu di khawatirkan. Untuk makanan sebaiknya diberikan makanan lembut dahulu saja, pastikan ada makanan masuk setiap harinya. Kalau dia tidak mau makan bisa disuapin :)

      Delete
  17. mau tanya kk... kucing.q mulutnya bau trus juga susah makan kayak males2an gitu... sehari yg lalu dia makan kecoa... kira2 knp ya kucingku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh makan kecoa. kecoa itu rawan bakteri, Helmy.
      Hindari kucing memakan hewan seperti kecoa atau tikus.

      Coba di bawa ke vet, perhatikan juga apakah bentuk kotorannya normal.

      Kalau mulut bau, itu pertanda giginya kotor dan banyak plak, harus di sikat.coba di sikat dengan odol khusus untuk hewan mbak.

      Delete
  18. Hi Mbak Tya,
    Bagus banget sharing infonya,,bermanfaat banget untuk saya terutama..
    dirumah saya dan suami memelihara 5 kucing (4 indoor 1 outdoor) tapi karena yg outdoor lg sakit,jd skr dikarantina dl n melatih dy utk jd kucing indoor, supaya lebih sehat dan terawat..Mbak kos di kemayoran yaa saya juga tinggal di kemayoran mbak, kapan2 kopdar yuk mbak mbahas dunia perkucingan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Alia, terima kasih sudah berkunjung. Wah, seru sekali bisa melihara kucing sebanyak itu.

      Wah di kemayoran mananya mbak? Boleh tuh kapan-kapan kopdar hihi

      Delete
    2. mbak..aku add fb mu, accept yaa

      Delete
    3. Halo Alia, kalau mau kontak bisa kirim email saja ke misstyameyo@gmail.com
      Saat ini aku belum bisa login facebook lagi hehe

      Delete
  19. obat diarenya apa ya!? saya baru adopt kucing dr pasar 2 mingguan. kucingnya pup encer banget dan menyengat. Dari bentuk tubuhnya, perutnya buncit kyak buncit air gtu gk padat. Dan susah betul kalo dikasih obat. vitamin nutri plus jg baru mau setelah 4 hari belakangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Fitri, Kalau obat diare, obat yang aku berikan itu namanya wet food- science diet-Hill's Prescription Diet Feline I/D, bentuknya kaleng kecil agak pipih mbak.
      Satu kaleng sekitar 40ribu.

      Dulu kucingku juga ada yang diare tapi sampai kurus dan lesu. Alhamdulillah setelah diberikan Science Diet I/D dia nafsu makan dan besoknya langsung stop mencret-mencret. Semoga cepat sembuh kucingnya.

      Delete
  20. Makasih ilmunya sangat bermanfaat :) kucing saya kok disekitaran bagian mulut berlendir seperti air liur dan sangat bau sekali, kalo air liurnya di lap pake tisu atau baju kesakitan dan ngamuk, sama engga mau makan dan minum, beberapa hari yg lalu masih sehat, mohon bantuan mengatasi biar cepat sembuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Gilang, adanya air liur dengan bau yang menyengat kemngkinan kucing mas terkena calicivirus. Segera dibawa ke dokter hewan terdekat. Itu kalau di lap dia kesakitan, pertanda gusinya sakit mas.

      Nanti karena dia masih belum mau makan sendiri maka mas harus bantu menyuapinnya ya, yang penting ada makanan masuk ke perut. Kasih makanan wet-food saja, saran aku berikan Science Diet A/D, satu kaleng cukup kok. Kalau dia ada tenaga dan nutrisi, nanti tubuhnya yang melawan.

      Delete
  21. Halo kaka aku mau tanya,anak kucing aku mulutnya basah gitu.. gatau liur gatau apa,pokoknya basah.. nah itu kira2 dia sariawan atau gimana yah? Basahnya di bagian pinggir2 mulutnya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sariawan itu bikin dia ga mau makan, tapi kalau berliur dan basah kemungkinan karang gigi dia cukup banyak. Bawa aja ke pet shop untuk di sikat gigi dia.

      Delete
  22. Hai makasih artikelnya bermanfaat banget, baru tadi siang aku antar oscar (nama kucing) ke dokter, ternyata oscar kena calicivirus yg menyerang mulutnya dan bikin gusinya bengkak. Yang paling sedih ketika dokter bilang kalo sakitnya udah ditahap yg parah karena sudah menyerang Liver nya yg menyebabkan mata dan telinga nya kuning :( :(

    Tadi pagi lemes banget sore ini udah lumayan baik. Dan suaranya terdengar serak, pipisnya pun kuning pekat krn dehidrasi. Kalo makan disuapin kok kayak kemelekatan ya apa krn gusinya yg bengkak? Dan gmn cara penanganan nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Syahida.

      Sedih untuk Oscar yang lagi sakit. Kalau disuapin dia seperti berontak ya memang wajar, karena gusi dia pasti sariawan, jadi cara penanganan aku dulu itu suapin pakai jari dan nempelin ke lidah dia (aku pangku kucingnya lalu mulutnya aku buka), karena kalau pakai alat suntik aku khawatir jadi nyodok, dan lagian makanan harus dicairin jadi makin lama haha

      Untuk minumannya coba di kontrol juga, perhatiin dia rajin minum ga, kalau malas minum harus disuapin juga bisa pakai sendok atau alat suntik tanpa jarum itu. Aku dulu kasih air kelapa biar dehidrasi dia cepet pulih.

      Oh iya, tiap pagi sekitar jam 6-8 pagi kucingnya di jemur saja, kurang lebih 10 menit.

      Semoga cepat sembuh.

      Delete
  23. Halo kak, mau tanya kucingku ngluarin air liur terus menerus, mulutnya itu kayak ngunyah sesuatu sampe bunyi, tapi pas dibuka gk ada, aku perhatiin lidah nya kyk ada luka gt (mau bolong), penangannya gmn ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bersuara kayak kretek kretek gitu? mungkin suara sendinya.

      tapi menurut aku kucing kamu itu kena feline calicivirus karena yang diserang itu kan THT, termasuk lidah jadi luka.

      Penanganannya kayak yang aku tulis di blog, bawa kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut, lebih baik janjian jam biar kamu ga perlu nunggu lama juga.

      Sedangkan untuk penanganan di rumah, kalau punya kucing yang lain segera dipisahkan karena air liur bisa jadi penyebaran virus juga. Untuk makanan bisa beli wet food dengan pemberian disuapin kalau dia tidak mau makan sendiri.

      tempat minum, litter box dan makan dipisahkan dari kucing yang lain.

      Pastikan dia tidak kesulitan makan. Sebaiknya di bawa ke dokter secepatnya ya.

      Delete
  24. Halo.. Sy telat baca info ini, td 1 kucing sy mati kena virus calici,, kasihan banget,, meregang nyawa terlebih dlu muntah2 warna hijau berceceran dilantai, trus anak sy lihat dibelakang kejang2 muntah2 n matanya brubah jd merah menyala sampe anak saya triak2.. Dibawa kedokter ga ketolong lg,sblm dokter praktek dateng. Kucingnya ga mau mkn, dikasi obat jg ga bisa krn brontak n dimuntahin stelah disemprot kedlm mulut, dsuapin kg ga mau.. Pasangannya skrg jg msh pemulihan blm sehat btul, buat sy jd trauma nglihat kmatian ketty.. Tmennya Tom, skrg sdh mau mkn tp tlapak kakinya yg busuk akibat virus itu blm kering betul jd msh berbau.. Baru ngrasain plihara kucing persia ini butuh modal bny klo sdh sakit.. Ada dome jg dirumah jd takut kena jg, skrg domenya lg tanggal gigi taring..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Roselina, aku turut sedih denger Ketty yang tidak tertolong :(

      Untuk pasangannya coba pakai cara aku, jadi di isolasi dulu jangan dicampur, terus rumah di pel pakai cairan pembersih karena khawatir ada bekas liur yang bisa nyebar ke kucing lain.

      Telapak kakinya bisa busuk bagaimana? aku baru tau kalau calici bisa bikin kaki luka.

      Berikan saja vitamin dan dipisah dulu kucingnya. Semoga bisa sehat kembali.

      Delete
  25. Hai istiana aku mau cerita lg kondisi oscar setelah 1 minggu dia sakit. Sehari setelah ke dokter saat disuapin dia seperti keselek. Hari kedua rabu mulai enak makan, kamis udh makin kelihatan baik krn dia udh bisa ngomong "meong" sampe kalo dikasih makan obat atau disuapin pasti udh mulai nendang pake kaki belakang dan mulai berontak nyakar. Hari ini udh 2 hari kalo dilihat kondisi dia drop lagi, dilihat nafasnya ter engah-engah dibantu juga lewat mulut jd mulutnya selalu kebuka dan keluarin air liur 😢😢
    Jadi udah gk bisa berharap banyak selain keajaiban, krn menurut dokter calicivirus nya udah kena liver, dan bisa menyebar ke organ lain :( Makin gk tega liat dia dengan tubuh yg semakin kurus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh sedih banget bisa sakit lagi :(
      Tapi coba dirawat terus aja siapa tau masih ada keajaiban, iya kan? :')

      Terus disuapin sama makanan dan vitamin paling penting. Biar tubuhnya bisa melawan virusnya.

      Delete
  26. seharian dari pagi kasih dia minum selalu netes keluar terus karena mulutnya yang selalu kebuka, begitu juga kalo disuapin makanan aku udah langsung pake tanganku sendiri tapi makananya bukannya masuk cuma ada diujung mulut dan kalo dia nunduk makannnya pun ikut jatoh :(

    Baru kali ini punya kucing sakit sampe parah gini :(
    kalo aku perhatiin dia mulai sakit dari akhir bulan kemarin, kalo calicivirus tertular dari liur// cakaran/ gigitan kucing lain. kayaknya kucingku kena cakaran dari kucing yg membawa calicivirus yang bikin jadi abses yg kemudian sembuh... setelah sehat masih mau makan, main dan tiba2 aja dia menghilang seharian yg ternyata dia ada di bawah meja disela2 kardus sepatu kosong terbaring lemas.

    vitamin apa yang bisa aku kasih saat kondisi dia lagi drop kayak gini? kalo bisa yang syup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau vitamin bentuk sirup kurang tau, dulu aku dikasih vitamin yg dimasukin ke alat suntikan 3 buah pas bella kena calici (ada di foto), tapi setelah itu aku berikan vitamin bentuk gel, biasanya diberikan sehari sekali sebelum tidur.

      Kalau mulut menganga, ada sariawan ga? Biasanya yang bikin dia males makan itu karena ada luka di gusi/lidah/mulutnya, aku kasih salep kenalog.

      Untuk makanan, makanan basah bisa dicairin kalau dia susah nelen, cara kasihnya sama seperti kasih obat yaitu dicairin sedikit lalu masukin ke alat suntik tanpa jarum.

      Delete
  27. kalo yang dari dokter juga dapet vitamin, sehari diminum 5 tetes.
    Yang aku liat barusan pinggiran mulutnya yang biasa aku masukkin ppipet buat makan minum bengkak dan gusinya memang berwarna pucat.
    Oke nanti aku coba untuk cari salep kenalog.
    ada tips gk supaya nafasnya gk ter engah2 lagi?

    btw makasih untuk saran2nya yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gusinya pucat ya? tapi kalau memang bengkak, bisa diberikan kenalog sebelum tidur, pastikan setelah pemberian salep itu si kucing sudah tidak makan lagi namun masih diperbolehkan minm.

      Supaya nafas ga terengah-engah? Sepertinya itu memang dikarenakan virus mbak yang nyerang sistem pernapasan.

      Coba tiap pagi dijemur saja di bawah sinar matahari selama 10 menit, sekitar jam 7-8 pagi.

      Delete
  28. Hallo kak, aku baru aja baca blog kaka.
    Aku mau cerita dan sekalian minta pendapat kakak boleh kan?

    Jadi gini kak, aku punya kucing persia umur 5,5 bln. Nah jd dia (Vio) lg sakit dan ciri2nya sama persis seperti yg kakak sebutin di blog dan kebanyakan komen disini. Tp bedanya Vio gak keliatan terlalu lemas.
    Awalnya itu dia masih lincah lari2, sore dia main sendiri lari2 dirumah terus nabrak kaki meja yg dr besi terus dia langsung bersin2, malamnya nafsu makan dia berkurang. Keesokan harinya dia gak mau makan+minum, sampai 2 hr kedepan tp masih bisa lari2 tp kalo diajak main mulai malas.
    Terus krna gak mau makan sendiri aku paksain dia makan disuapin dg wet food dn minum air kelapa sambil ku jemur tiap pagi. Lalu di hari k3 dia udah mau makan sendiri malah lahap bgt tp masih gak mau minum dan makannya udah balik ke dry food, dihari ke 5/6 baru dia mau minum sendiri. Terus setelah seminggu dia sdh mau makan+minum dg lahap sampai berat badannya jg nambah sekarang. Tp yg aku heran itu kak mulutnya itu masih bau, masih gak nutup rapat sama kdang2 masih ada air liur yg keluar tp gak sebanyak di hari 1-3.
    Terus kemarin dia itu menggosokkan mulutnya ke karpet smpai berdarah gitu. Badannya juga ikut bau gara2 sering dijilatin.

    Itu kira2 gimana ya kak kucing aku, kondisinya sekarang kalo diliat sdh seperti kucing yg sehat (nafsu makan bagus, minun mau, lari2 kesana kemari sdh gak ketulungan kayak biasa ����, berat badannya nambah). Tp itu td mulut dia masih bau dn masih keluar air liur, bisa sembuh sendiri kan ya kak? Kira2 harus ku kasih apa lg ya dia, soalnya di tmpt aku jauh dr dokter hewan, sekitar 2 jam dulu baru smpai ke tmpt dokter hewannya.
    Terimakasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Laila, terima kasih sudah berkunjung ke blog aku.

      Kasus Vio sebenarnya hampir sama dengan kucingku, selain terkena virus calici, di giginya dia terdapat karang gigi tebal yang menyebabkan mulut bau dan ileran terus menerus.

      Solusinya kucing kamu harus dibawa ke vet untuk pembersihan karang gigi, memang cukup mahal (kucingku kena biaya sekitar 700rb untuk pembersihan karang gigi karena selama proses tersebut kucing akan dibius). Tapi setelah karang gigi dibersihkan, nanti mulut kucing kamu ga akan bau lagi dan ileran lagi.

      Gigi kucing memiliki karakter yg berbeda, ada yang mudah berkarang namun ada juga yang tidak, biasanya dikontrol dari makanan dan harus rajin di sikat gigi kalau memang sudah terlihat berkarang.

      Kalau memang belum ada uang untuk dibersihkan karangnya, kamu bisa coba dengan menyikatkan giginya menggunakan odol khusus kucing/anjing, jatuhnya lebih murah kok bisa dibeli secara online, untuk sikat sendiri bisa gunakan sikat gigi bayi atau memang sikat gigi khusus kucing.

      Semoga Vio sehat kembali giginya.

      Delete
  29. Istiana makasih udah mau denger ceritaku dan kasih saran :)

    Tepat tadi pagi oscar meninggal, sekarang dia udah tenang T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Syahida.
      Ah, aku sedih dengernya :(
      Semoga Oscar tenang di sana dan bisa jadi tabungan untuk amal mbak Syahida. Amin.

      Delete
  30. Maaf mba aku mau tanya, itu waktu dikasi kenalog pakai jari / cotton bud? Trus cara kasihnya gmn ya? Oh iya apa kucingnya ga marah dan berontak? Mohon dijawab ya mba, terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Binar. Kembali lagi ke sariawan kucingnya dimana. Kucing aku kena sariawannya di gusi bagian gigi depan atas. jadi aku pakeinya dengan jari, jadi aku buka bibirnya dulu di tahan bentar lalu aku colekin dengan kenalog.

      Kalau berontak ya wajar hehe

      Tapi kalau sariawannya di dalam mulut, lidah. Cara pemberiannya dengan mencolekan kenalog ke bagian dinding atas mulutnya.

      Delete
  31. Kak, kucingku juga kena calicivirus, gusinya kayak difoto itu, ada merah merahnya. Tapi ga ada luka di langit mulut, gusi dan lidah. sariawan kucing itu yg kayak foto di tulisan kakak atau kayak gimana? aku punya kenalog tapi kalo sariawannya kayak manusia, dia ga punya kak. Dia enggak demam, normal, kadang memang nafasnya memang dangkal. Kemarin baru diobatin, dia sebelum diobatin riang dan lincah, tapi setelah dikasih obat kok dianya lebih sering tidur ya. Itu normal ga kak? Mohon dijawab kak, aku nangis terus karena takut kehilangan dia :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yenita, sorry baru lihat notifikasi di email ternyata ada komentar baru :(
      Gimana keadaan kucingnya? Aku harap sudah bisa sembuh. Kalau lebih sering tidur itu wajar, karena masih masa penyembuhan jadi kayak kita aja pas lagi sakit pasti males melakukan banyak hal.

      Delete
  32. Enji udah riang seperti semula, dia kalo sakit memang ga ngasih tanda apa apa kak, pokoknya gembira terus padahal lagi kena calici virus. makanan udah lahap, minum banyak, bb udah naik lagi, tapi yaa merah merah digusinya masih ada kak. sekarang enji diminum obat dari dokter terus sih kak, sedih liatnya, obqtanya lebih gede dari telapak tangannya. hiks. sariawan dikucing itu kayak gimana ya kak? aku mau kasih kenalog tapi ga sariawan dikucing itu kayak apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sariawan kucing itu gusinya merah-merah seperti yang aku jelasin, cukup kasih kenalog sebelum tidur aja.

      Delete
  33. Kak, kucing ku sepertinya kena calici, kemarin dia baik baik aja, tapi tadi pagi dia diem, tidur terus, cuma melek sebentar doang, enggak mau makan/ minum, nafasnya cepet, enggak keluar air liur, pilek, belum ke dokter hewan, krn dokter hewannya pada tutup, saran nya dong ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu sudah yakin dia kena calici? Bisa jadi sedang flu. Saran aku kasih makanan untuk perbaiki kesehatan tubuhnya dengan a/d Canine/Feline Critical Care. Coba cari ke pet shop terdekat.

      Nanti cara kasih makanannya kalau dia ga mau makan, kamu suapin aja. Caranya buka mulut dia terus masukan makanan sedikit demi sedikit. Aku dulu usahain minimal satu sendok makanan masuk ke perut dia. Jangan biarkan dia ga makan dan minum karena itu akan memperparah kesehatan dia kalau ga ada tenaga buat lawan sakitnya.

      Delete
  34. Hallo tya, aku apri,

    Mau sekedar sharing, kucing tya pernah sakit dan mengeluarkan lendir disekitar mulut juga ga ya?..
    Kucing aku kaya gitu, tapi dia aktif dan nafsu makannya ga berkurang...
    Kucing aku ada 3 persia semua hehe..
    Tapi yang 1 ini keluarin lendir aja dari mulut nya, menular si ngga
    Obat yg cocok buat sembuhin kira kira tya tau apa ga ya?q

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ade, kalau dimulutnya mengeluarkan lendir dan mulutnya bau, coba di cek dibagian gigi dia ada karang plak tebal ga? Kalau itu, itu penyebabnya karena karang gigi. Solusinya harus dilakukan pembersihan karang dengan menyikatnya pakai sikat gigi, tapi kalau udah tebal sebaiknya di bawa ke rumah sakit untuk pembersihan karang. Waktu itu kucing aku dibawa untuk pembersihan karang gigi, lumayan mahal sekitar 700ribuan. Jadi sebaiknya harus rajin di sikat, Apri.

      Delete
  35. Mbak aku juga punya kitten umur 12 hari dia males banget netek udah di bantu netein pake dot tapi dia suka nolak . Dia 5L mbak . Aku kasian banget kucingku kurus banget . Suaranya juga udah gak bisa keluar . Mulutnya juga bau suka ngeluarin lendir . Pas aku periksa mulutnya ada sariawan di lidahnya sekrang bertambah lgi di gusinya. Biasa aku bantu netein pake sendok aja krna kalau dot dia nolak mulu mbak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih 12 hari harusnya masih susu doang. Udah di bawa ke dokter belum? Khawatir kena calici.

      Delete
  36. Kucing ku jg gejala calicivirus..hari pertama sampai ketiga sulit bernafas,keluar liur, gamau makan..hari keempat dan kelima gusinya berdarah..gimana ya biar darahnya berhenti??..dia kayaknya udah semangat mau makan tp giliran dideketin makanannya dia ga makan..saya liat di lidah banyak sariawan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak, sudah dibawa ke dokter belum? :(
      Kalau berdarah karena sariawan bisa dikasih kenalog.

      Delete
  37. Untuk obat deare kasih obat apa ya mbak pupnya cair dan keluar ngk bs kontrol bau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sorry baru balas. Kalau obat diare kucing itu bisa diberikan Hills Prescription Diet I/D Feline can. Bentuknya kaleng pipih masih sodaraan dengan si A/D cuma kalau yang I/D memang khusus gangguan pencernaan.

      Delete
  38. Bermanfaat sekali infonya kak
    Tapi aku telat baca,
    Kucing ku ad 5, nah yg 4 udah 2 hari kucing ku sakit persis kya bgitu, liur berlndir, bau, luka di sekitar bibir dsbg,
    Aku tetap ngelap mulut n mata yg berair.
    Nah aku ada msalh kak, disini aku blum nemuin dkter hewan, pet shop ny lbih k pngurusan buat gukguk.
    Tdi aku bru coba ksi air kelapa n bsok rencana mau cobain buat sariawannya.
    Selain itu ada saran lain ga kak buat aku supya kucing ku bisa sembuh lbih cepat, soalny ksian klo ngliad dia skit bgitu..
    Trimaksih sbelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di bawa aja ke pet shop itu aja dulu, aku yakin sih untuk urusan suntikan seperti vitamin atau semacamnya akan sama tindakannya untuk kucing dan anjing, mungkin yg bedain di dosis sesuai berat badan.

      Yang paling penting itu makanan karena untuk melawan virus calicinya melalui daya tahan tubuh yang kuat. Kalau imun tubuh kucingnya baik pasti virusnya bisa kalah. Untuk makanan aku saranin kasih wetfood A/D (ada di artikelnya), itu makanan memang khusus kucing sakit, kamu suapin aja terus minimal dalam sehari dia dua kali makan dengan takaran 1 sendok sekali makan, tapi kalau dia lahap ya di kasih banyak aja hehe.

      Semoga cepat sembuh!

      Delete