Menyembuhkan Sakit Calicivirus pada Kucing dalam Waktu 4 Hari

Menyembuhkan Sakit Calicivirus pada Kucing



Menyembuhkan Calicivirus pada Kucing dalam Waktu 4 Hari

Sesuai dengan judul post aku, aku mau sharing mengenai pengalamanku menyembuhkan "si anak" yang terkena Calicivirus. 


Untuk yang belum tau apa itu Calicivirus, ini penjelasan singkatnya:


Calicivirus termasuk salah satu penyebab gangguan pernafasan pada kucing. Penyakit saluran pernafasan bisa disebabkan sekelompok virus dan bakteri seperti Virus Feline Rhinotracheitis dan bakteri Chlamydia (sekarang Chlamydophila). Penyakit-penyakit ini dapat menyebabkan pilek dan mata berair. Calicivirus dan rhinotracheitis menyebabkan sekitar 85-90% dari seluruh penyakit pernafasan pada kucing.Calicivirus tersebar di seluruh dunia dan dapat menyerang semua ras kucing. Vaksinasi telah mengurangi kejadian dan keparahan gejala klinis penyakit ini. - kucingkita.com
Nah, jadi aku mau sharing nih pengalamanku dimana sekitar 2 minggu yang lalu aku mendapat kabar dari sang adik bahwa salah satu kucingku sedang sakit. Dia mengatakan bahwa sakitnya parah banget setelah 24 jam sempat menghilang (ngumpet di dalam rumah namun ga keluar sama sekali) dan menurutnya aku harus turun tangan. Aku hanya memberikan instruksi untuk menyuapin kucingku dan memisahkan dia dari kucing-kucing kami yang lain.

Karena khawatir, aku segera memutuskan pulang ke rumah dan sekitar jam setengah sembilan malam aku sampai rumah. Sampai rumah aku langsung buka pintu kamar dan melihat Cream sedang berdiri dekat tempat minumnya.

Aku pikir tidak ada yang aneh, namun aku mencium sesuatu yang tidak enak. Bau seperti ada ikan busuk didalam kamarku dan ternyata bau tersebut berasal dari kucingku yang sakit.

Panik aku melihat dari mulutnya keluar liur yang secara terus tiada henti, belum lagi dia terlihat tidak mau menutup mulutnya. Akhirnya aku coba untuk membeli kelapa muda untuk memberikan air kelapa tersebut karena khawatir kucingku akan dehidrasi.

Setiap 10 menit sekali, aku suapin si Cream dengan air kelapa. Ajaibnya dalam waktu 2 jam setelah secara berkala aku suapin air kelapa kedalam mulut Cream, maka liur yang sedari tadi menetes mulai berkurang banyak dan nafas mulutnya mulai tercium lebih segar karena aroma air kelapa.

Sekitar pukul setengah dua malam aku mengantuk dan mengajak Cream untuk tidur disisiku sambil menggegam tangannya. (Hal favorite aku kalo kucing sedang sakit, aku genggam tangannya sambil tidur hehehe)

Oh ya kondisi Cream saat itu ialah: kuping dia yang kotor sekali dan terlihat kotoran dari telinganya yang sampai keluar dan kering di sekitar daun telinganya. Wajah yang lesu, mulut bau, tidak mau makan, lemas namun untuk bulunya masih bagus dan kinclong (ga kusut). Untuk suhu tubuh Cream tidak dingin ataupun demam.

Pagi harinya, aku mencoba googling dan membaca bahwa tanda-tanda sakit yang dialami Cream adalah mendekati penyakit yang bernama Feline Calicivirus.


Penyakit ini berkembang secara cepat dan tiba-tiba. Kucing yang tadinya terlihat sehat bisa saja besoknya terlihat lesu dan sakit.Tanda-tanda kucing sakit yang umum berupa bersin (tidak sebanyak Feline Rhinotracheitis), batuk, pilek, cairan berlebih dari mata dan hidung. Luka (ulkus) seperti sariawan pada hidung, mulut, lidah atau bibir yang menyebabkan kucing tidak mau makan karena kesakitan saat mengunyah makanan. Kadang-kadang ulkus juga terjadi di sela-sela cakar.  Demam tinggi, sulit bernafas akibat radang paru-paru (pneumonia). - kucingkita.com
Aku juga sempat membaca bahwa tingkat kematian kucing karena Calicivirus sekitar 67%, nggak mau kehilangan Cream, aku memutuskan untuk membawanya ke dokter di pagi harinya. Belum lagi memang sedang banyak kasus kematian kucing karena virus akhir-akhir ini yang sering di share oleh teman-teman di grup facebook.

Sekitar jam 9 pagi aku berangkat dari rumahku menuju pet shop Mahardika yang berada di Bintara, Bekasi. Sesampai disana, aku bertemu dokter Kartika, beliau mengecek dan menyatakan bahwa Cream terkena Calicivirus. Dokter Kartika langsung mengambil tindakan dengan memberikan vitamin dan obat-obatan namun tidak diberikan antibiotik karena kondisi Cream yang terbilang tidak lemas. 

Dokter Kartika menjelaskan bahwa selain terkena Calicivirus yang menyebabkan sariawan disekitar gusi mulutnya, telinga Cream juga terkena virus. Jadi Beliau mengatakan bahwa Calicivirus memang menyerang saluran pernafasan seperti tenggorokan, hidung dan telinga (THT).

Aku bertanya apakah ada obatnya? Sang dokter hanya menjawab, "obatnya adalah daya tahan tubuh dia sendiri. Jadi harus diberikan asupan makanan dan vitamin agar imun tubuhnya mampu mengalahkan virus tersebut."


Menyembuhkan Sakit Calicivirus pada Kucing
Kartu Berobat Cream dan struk pengobatannya.

Usai pemeriksaan, aku membeli vitamin Virbac Nutri-gelplus (Harganya Rp. 108.000) untuk kuberikan kepada Cream dan keempat kucingku lainnya agar tidak mudah terkena sakit dan untuk sakit sariawan di gusinya aku belikan obat salep kenalog yang dapat dibeli di apotik biasa. Kenalog (Harganya Rp. 62.000) adalah obat sariawan untuk manusia dan aman apabila tertelan baik manusia ataupun kucing.


Selain itu, setiap pagi antara jam 7-9, aku mengajak Cream keluar rumah untuk aku jemur di bawah matahari langsung selama 5-15 menit (Ini juga anjuran dari Dokter Kartika). Jangan lebih dari jam 9, mataharinya udah nggak bagus.
Ilustrasi dari google.

Sedangkan untuk makanan, sementara aku berikan a/d Hills Prescription Diet Canine/Feline Critical Care. Sebenarnya makanan lunak lainnya juga bisa, namun aku terbiasa memberikan a/d untuk kucingku yang sakit dan tidak nafsu makan. Sekaleng a/d biasanya habis untuk 2-3 hari untuk satu kucing. 


Selama 2 hari, Cream masih belum mau makan sendiri jadi aku terus menyuapinya dengan a/d dan sebelum tidur diberikan kenalog. 

Aku juga rutin mengelap liur yang terus keluar dari mulutnya. Untuk minum, Cream masih mau minum sendiri bahkan cukup banyak kalo dia sedang minum.

Hari ketiga, mulut Cream sudah mulai mau menutup yang menandakan bahwa sariawan di mulutnya sudah tidak nyeri jadi dia mau menyentuh mulutnya sendiri. Seperti manusia aja, kalau lagi sariawan pasti perih gitu dan nggak mau kesentuh.

 Aku juga udah mulai coba memberikan whiskas tuna wet food dan ternyata Cream sudah mau memakannya sendiri. Nggak perlu aku paksa makan dengan suapin dia. Wah seneng banget deh rasanya!
Menyembuhkan Sakit Calicivirus pada Kucing
Mulai udah baikan dan posisi tidurnya mulai kembali sembarangan. lol


Menyembuhkan Sakit Calicivirus pada Kucing
Cream: "Aku dikasih taburan bunga melati supaya wangi, kata bunda sih gitu."

Hari keempat, Cream sudah mulai meraung untuk keluar kamar, mungkin bosan kali ya di kamar terus tapi aku belum membiarkannya untuk keluar kamar karena khawatir belum sembuh total. Namun sariawan dibagian gusi didepannya sudah mengecil dan warna gusi tidak merah darah lagi seperti pertama kali aku memeriksanya. (Warna normal gusi itu merah muda/pink).

Hari kelima, Cream sudah aku perbolehkan keluar kamar dan dia langsung menyantap dry food yang tersedia untuk kucing aku lainnya.

Ternyata apabila kita telaten merawat kucing yang sakit, insya Allah akan diberikan kemudahan dan kesembuhan.

Oh ya, pada hari keempat ternyata kucingku yang lainnya ada tertular Calicivirus bahkan warna pupnya sampai ada darah. Kata dokter Kartika itu terkena diare, jadi hari minggunya aku bawa Bella ke Mahardika pet shop dan pulangnya membawa 3 obat untuk diare Bella. Ya lumayan sih, untuk obat vitamin dan salep sariawannya bisa sharing dengan Cream. Alhamdulillah dalam waktu 4-5 hari Bella juga sembuh.


Menyembuhkan Sakit Calicivirus pada Kucing
Bella yang sedang tergulai sakit


Obat diare Bella.


Pesan untuk cat lovers, kalau melihat kucing kamu dengan tanda-tanda di atas, aku anjurkan untuk segera bawa ke vet/dokter hewan terdekat. Kalau budget kamu kecil, bisa cari ke dokter hewan dengan biaya konsultasi + tindakan yang murah seperti di Mahardika (Kalian bisa lihat kalau biayanya cuma sekitar 50.000, sedangkan untuk obat-obatan seperti vitamin dan suntik cuma 50.000). Standar biaya konsul sih kalau di vet besar sekitar 100.000 tapi kalau bisa dapat yang murah, kenapa tidak? Calici bukan virus biasa, bagaimanapun kita semua perlu saran dokter dan setelah itu baru dari kitanya yang usaha dan berdoa agar kucing segera sembuh.

177 komentar:

  1. thanks, buat infonya, bagus banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Tamie, senang juga bisa berbagi pengalaman ke sesama cat lover :D

      Hapus
  2. Kucingku terserang nih tp masih mau makan dan minum sendiri... kira2 obatnya apa ya? Blm aq vaksin sih blm tau boleh vaksin g sm dokternya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ria, kalo lagi sakit ga bisa disuntik vaksin dulu, harus nunggu sampai sembuh dulu.

      Saran aku, saat ini pisahkan kucing ke ruang isolasi agar tidak kontak sama kucing lain.


      Sebaiknya dibawa ke dokter untuk mengecek lokasi sariawan dan diberikan suntikan yg diperlukan. Setelah itu jaga makan dan minum kucing serta berikan asupan vitamin :)

      Hapus
    2. Kucing sy terkena penyakit FCV (Feline celici Virus) awal nya sblm sy mengetahui cimbom (nama kucing) terkena FCV. Sy bawa cimbom ke dokter, dokter blm sempat mendiagnosis cimbom terkena penyakit apa, karna saat itu cimbom diare pup nya cair sekali, namun tidak sampai berdarah dan tidak ada cacing nya, dokter memberikan obat diare, minyak ikan omega,vitamin gel, dan makanan basah supaya buat mancing nafsu makan, dan sy suapin utk makan setiap 5 jam sekali sesuai anjuran dokter. Setelah 3 hari, kondisi cimbom sdh sangat membaik, namun salah nya sy, pada saat membaik sy tidak konsultasikan kembali ke dokter dan berhenti meminumkan obat diare nya, keesokan nya cimbom drop malah kondisi nya lebih buruk pada saat itu, kondisi nya cimbom, mata berair, flu, demam, nafas sesak, lesu, langsung sy bawa ke dokter lagi, dan dokter menyatakan cimbom terkena FCV, lalu obat diganti, obat yg diberi khusus utk mematikan virus itu dan menguatkan daya tahan tubuh nya, namun dokter tidak sepenuh nya bilang obat tersebut efektif, yg benar - benar mampu mematikan virus tersebut cimbom sendiri. Saran dokter cimbom hrs istirahat full di dlm kandang, kandang setiap hari hrs dicuci, seminggu sekali kandang cuci dgn karbol, tmpt yg bersih, di seka - seka mata, hidung dan anus nya dgn air hangat, air panas taruh mangkuk dan dekatkan kucing dgn air tersebut jgn terlalu dekat, lalu di lap hidung dan mata dgn tisu, setelah bersih semua masukan dlm kandang lagi, taruh litter box selama 10-30 menit utk dia pup, setelah dia pup keluarkan litter box agar kandang tetap steril. Setelah dlm seminggu cimbom sdh tidak flu dan makan sendiri. Oiya cimbom kucing persia kitten umur 2,5 bln, jdi blm blh suntik kata dokter apalagi dgn kondisi yg blm fit. Maka dari itu hrs benar benar bersih merawat kucing apalagi sedang keadaan sakit. Semoga membantu buat cat lover.

      Hapus
    3. terima kasih untuk sharing pengalamannya. kasian banget cimbom masih 2,5 bulan ya :(

      pokoknya kalo rawat kucing lagi sakit ga boleh setengah-setengah karena mereka ga bilang kalo sakit di bagian mananya.

      Hapus
  3. Halo, ka mau tanya, kucingnya udh sampe gejala suara serak2 belum ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kak..mau tanya kucingku kenapa ya ... ngeluarin air liurnya terus...dan itu bau yaa... trs jg.. suaranya serak.. obatnya apa ya kak... yg manjur..biar cpt smbuhnya

      Hapus
  4. Hai ka,mau tanya untuk dosis salepnya apakah sama untuk kucing? Karena kucing ku msh kitten ka. Terima kasih

    BalasHapus
  5. Kucingku pernah kejadian seperti ini dengan gejala awal bau mulut kucing tidak sedap

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak, mau tanya kucing ku pertamanya ngeluarin bau mulut yg tdk sedap dan mengeluarkan air liur terus, lalu skrg malah bengkak terus berdarah kira kira itu kenapa ya kak? Terimakasih

      Hapus
  6. Hai mau tanya selama kucing kamu sakit, kamu mandiin ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lagi sakit kucing ga boleh mandi :)

      jadi tunggu sampai benar2 sembuh saja baru sudah bisa dimandikan lagi. kalo kotor karena liur, cukup di bersihkan dengan tissue kering.

      Hapus
    2. Makasih reply nya ya. Mau tnya lg selama sakit itu kucing mu pup ga?

      Ini kucingku udah mulai sembuh, udah mau makan sendiri udah g ilerN lagi juga, tapi belum pup ni. Obat nya diabisin aja ga ya?

      Hapus
    3. Hi Suci, kalo pup memang pada awalnya selama sakit kucingku lebih sering pipis, dia akan baru pup ketika sudah mulai makan banyak jadi terus dikasih makan teratur. Untuk obat apa nih? kalo obat minum seperti vitamin memang harus dihabiskan tapi untuk salep sariawan diperiksa saja gusinya kalo masih memerah ya tetap diberikan tapi kalo gusi sudah normal dan kucing sudah makan sendiri bisa dihentikan :)

      Hapus
  7. Hi mba, aku baru nemu artikel ini hasil browsing, agak telat karna akhirnya kucingku harus nginep di klinik 3 hari karna penyakit yg sama :’-( artikelnya bagus mba, next time (jangan sampe) kalo ada gejala yg sama, bisa langsung di praktekan :-)

    BalasHapus
  8. Kak makasih infonya..kucing aq juga lagi sakit kemarin pagi masih sehat mulutnya masih nutup kaya biasa..terus sorean jam 3 aq pulang kuliah ga tau kenapa kucingku lidahnya menjulur gitu terus keluar air liur banyak bgt..lidahnya kaya bengkak gitu, dy sebenernya laper bgt cuma pas mau makan susah..kira2 pertolongan gimana ya kak? Soalnya di daerahku ga ada dokter hewan

    BalasHapus
  9. Kucingnya disuapin mau? Aku berontak terus karna sariawannya sakit kali ya jdnya dia lemes bgt

    BalasHapus
  10. kak aku mau tanya. kucing aku kemarin masih baik-baik saja. dan malam harinya dia menyendiri aku baru tau di tangan sama kaki nya ada luka bulat seperti lubang dan dia ga nafsu makan badannya ga panas dan ga dingin juga. awal dia sakit dia muntah sekitar 4kali dan muntahnya terdapaat busa dan sisa mkanan . aku liat pupnya warna ijo tapi tidak keras yaa kayak lunak gitu. bantu info nya kak plis

    BalasHapus
  11. Kucing ku tidak mao makan, kurus, sudah ganti makanan, sudah di pindah kandang dan di isolasi steril. Tapi tetap tdk mao makan. Minun pun harus di paksa.sudah di bawa ke petshop dan di suntik vitamin, tapi makanya masih sulit sekali

    BalasHapus
  12. Kucing ku sakit dan tdk mau makan. Sudah di bawa ke petshop dan di suntik vitamin. Di beri makanan berbeda dan di isolasi di kandang steril tapi masih tdk mau makan. Diberi antibiotik juga oleh dokter. Dan di ganti makananya. Tapi lemah sekali. Apa yg hrs aku lakukan

    BalasHapus
  13. Kalau emang sakit gusi atau mulut apa obatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo syafrizal maaf baru balas, baru buka blog lagi /bows/
      kalau susah makan memang kita wajib suapin terus saya dulu begitu, tiap pagi-siang dan malam harus disuapin, suka atau ga suka kucingnya, harus paksain biar perutnya ga kosong.

      kalau sakit gusi karena sariawan bisa diberikan salep kenalog (itu obat untuk manusia dan aman kalau tertelan).

      Hapus
  14. Halo mb, salam kenal ya.
    Kucing ku jg kena calicivirus. Kemarin cream dapat obat apa aja ya? Aku sih udah dikasih antibiotik sama vitamin sama dokternya. Tp blm sembuh nih udah seminggu... Hiks.
    Oiya kalo dibikinin makanan lembut sendiri bisa kan ya?
    Makasih sebelumnya mb ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, Cream waktu itu cuma diberi suntikan vitamin + antibiotik, pulangnya diberikan vitamin minum yg dimasukan dalam suntikan kecil itu juga cuma 2 buah. sisanya diberikan aja vitamin virbac nutri gel dan untuk penyembuhan sariawan di gusi, aku kasih salep kenalog.

      Kalau makanan lembut sendiri bisa kok, selama dia mau makan ya kasih aja :)
      Semoga cepat sembuh, memang cepat atau tidaknya tergantung dari cara kita merawat dan ketahanan tubuh si kucing, jadi wajib harus dapat gizi yang banyak biar bisa kalahin si virusnya.

      Hapus
  15. Halp kak, kucingku terkena sariawan di gusinya, dan giginya mau tanggal .. aku bawa ke vet kata dokter normal karna masa pertumbuhan. Kira-kira kucing kakak setelah sembuh nafsu makannya bagaimana ya kak? Soalnya kucing aku mau makan tapi sedikit bisa di bilang kurang nafsu saat makan.T.T

    BalasHapus
  16. Halo kak, kucingku terkena sariawan di gusinya, dan giginya mau tanggal .. aku bawa ke vet kata dokter normal karna masa pertumbuhan. Kira-kira kucing kakak setelah sembuh nafsu makannya bagaimana ya kak? Soalnya kucing aku mau makan tapi sedikit bisa di bilang kurang nafsu saat makan.T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Farida, kalau menurut vet itu normal maka tidak perlu di khawatirkan. Untuk makanan sebaiknya diberikan makanan lembut dahulu saja, pastikan ada makanan masuk setiap harinya. Kalau dia tidak mau makan bisa disuapin :)

      Hapus
  17. mau tanya kk... kucing.q mulutnya bau trus juga susah makan kayak males2an gitu... sehari yg lalu dia makan kecoa... kira2 knp ya kucingku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh makan kecoa. kecoa itu rawan bakteri, Helmy.
      Hindari kucing memakan hewan seperti kecoa atau tikus.

      Coba di bawa ke vet, perhatikan juga apakah bentuk kotorannya normal.

      Kalau mulut bau, itu pertanda giginya kotor dan banyak plak, harus di sikat.coba di sikat dengan odol khusus untuk hewan mbak.

      Hapus
  18. Hi Mbak Tya,
    Bagus banget sharing infonya,,bermanfaat banget untuk saya terutama..
    dirumah saya dan suami memelihara 5 kucing (4 indoor 1 outdoor) tapi karena yg outdoor lg sakit,jd skr dikarantina dl n melatih dy utk jd kucing indoor, supaya lebih sehat dan terawat..Mbak kos di kemayoran yaa saya juga tinggal di kemayoran mbak, kapan2 kopdar yuk mbak mbahas dunia perkucingan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Alia, terima kasih sudah berkunjung. Wah, seru sekali bisa melihara kucing sebanyak itu.

      Wah di kemayoran mananya mbak? Boleh tuh kapan-kapan kopdar hihi

      Hapus
    2. mbak..aku add fb mu, accept yaa

      Hapus
    3. Halo Alia, kalau mau kontak bisa kirim email saja ke misstyameyo@gmail.com
      Saat ini aku belum bisa login facebook lagi hehe

      Hapus
  19. obat diarenya apa ya!? saya baru adopt kucing dr pasar 2 mingguan. kucingnya pup encer banget dan menyengat. Dari bentuk tubuhnya, perutnya buncit kyak buncit air gtu gk padat. Dan susah betul kalo dikasih obat. vitamin nutri plus jg baru mau setelah 4 hari belakangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Fitri, Kalau obat diare, obat yang aku berikan itu namanya wet food- science diet-Hill's Prescription Diet Feline I/D, bentuknya kaleng kecil agak pipih mbak.
      Satu kaleng sekitar 40ribu.

      Dulu kucingku juga ada yang diare tapi sampai kurus dan lesu. Alhamdulillah setelah diberikan Science Diet I/D dia nafsu makan dan besoknya langsung stop mencret-mencret. Semoga cepat sembuh kucingnya.

      Hapus
  20. Makasih ilmunya sangat bermanfaat :) kucing saya kok disekitaran bagian mulut berlendir seperti air liur dan sangat bau sekali, kalo air liurnya di lap pake tisu atau baju kesakitan dan ngamuk, sama engga mau makan dan minum, beberapa hari yg lalu masih sehat, mohon bantuan mengatasi biar cepat sembuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Gilang, adanya air liur dengan bau yang menyengat kemngkinan kucing mas terkena calicivirus. Segera dibawa ke dokter hewan terdekat. Itu kalau di lap dia kesakitan, pertanda gusinya sakit mas.

      Nanti karena dia masih belum mau makan sendiri maka mas harus bantu menyuapinnya ya, yang penting ada makanan masuk ke perut. Kasih makanan wet-food saja, saran aku berikan Science Diet A/D, satu kaleng cukup kok. Kalau dia ada tenaga dan nutrisi, nanti tubuhnya yang melawan.

      Hapus
  21. Halo kaka aku mau tanya,anak kucing aku mulutnya basah gitu.. gatau liur gatau apa,pokoknya basah.. nah itu kira2 dia sariawan atau gimana yah? Basahnya di bagian pinggir2 mulutnya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sariawan itu bikin dia ga mau makan, tapi kalau berliur dan basah kemungkinan karang gigi dia cukup banyak. Bawa aja ke pet shop untuk di sikat gigi dia.

      Hapus
  22. Hai makasih artikelnya bermanfaat banget, baru tadi siang aku antar oscar (nama kucing) ke dokter, ternyata oscar kena calicivirus yg menyerang mulutnya dan bikin gusinya bengkak. Yang paling sedih ketika dokter bilang kalo sakitnya udah ditahap yg parah karena sudah menyerang Liver nya yg menyebabkan mata dan telinga nya kuning :( :(

    Tadi pagi lemes banget sore ini udah lumayan baik. Dan suaranya terdengar serak, pipisnya pun kuning pekat krn dehidrasi. Kalo makan disuapin kok kayak kemelekatan ya apa krn gusinya yg bengkak? Dan gmn cara penanganan nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Syahida.

      Sedih untuk Oscar yang lagi sakit. Kalau disuapin dia seperti berontak ya memang wajar, karena gusi dia pasti sariawan, jadi cara penanganan aku dulu itu suapin pakai jari dan nempelin ke lidah dia (aku pangku kucingnya lalu mulutnya aku buka), karena kalau pakai alat suntik aku khawatir jadi nyodok, dan lagian makanan harus dicairin jadi makin lama haha

      Untuk minumannya coba di kontrol juga, perhatiin dia rajin minum ga, kalau malas minum harus disuapin juga bisa pakai sendok atau alat suntik tanpa jarum itu. Aku dulu kasih air kelapa biar dehidrasi dia cepet pulih.

      Oh iya, tiap pagi sekitar jam 6-8 pagi kucingnya di jemur saja, kurang lebih 10 menit.

      Semoga cepat sembuh.

      Hapus
  23. Halo kak, mau tanya kucingku ngluarin air liur terus menerus, mulutnya itu kayak ngunyah sesuatu sampe bunyi, tapi pas dibuka gk ada, aku perhatiin lidah nya kyk ada luka gt (mau bolong), penangannya gmn ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bersuara kayak kretek kretek gitu? mungkin suara sendinya.

      tapi menurut aku kucing kamu itu kena feline calicivirus karena yang diserang itu kan THT, termasuk lidah jadi luka.

      Penanganannya kayak yang aku tulis di blog, bawa kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut, lebih baik janjian jam biar kamu ga perlu nunggu lama juga.

      Sedangkan untuk penanganan di rumah, kalau punya kucing yang lain segera dipisahkan karena air liur bisa jadi penyebaran virus juga. Untuk makanan bisa beli wet food dengan pemberian disuapin kalau dia tidak mau makan sendiri.

      tempat minum, litter box dan makan dipisahkan dari kucing yang lain.

      Pastikan dia tidak kesulitan makan. Sebaiknya di bawa ke dokter secepatnya ya.

      Hapus
  24. Halo.. Sy telat baca info ini, td 1 kucing sy mati kena virus calici,, kasihan banget,, meregang nyawa terlebih dlu muntah2 warna hijau berceceran dilantai, trus anak sy lihat dibelakang kejang2 muntah2 n matanya brubah jd merah menyala sampe anak saya triak2.. Dibawa kedokter ga ketolong lg,sblm dokter praktek dateng. Kucingnya ga mau mkn, dikasi obat jg ga bisa krn brontak n dimuntahin stelah disemprot kedlm mulut, dsuapin kg ga mau.. Pasangannya skrg jg msh pemulihan blm sehat btul, buat sy jd trauma nglihat kmatian ketty.. Tmennya Tom, skrg sdh mau mkn tp tlapak kakinya yg busuk akibat virus itu blm kering betul jd msh berbau.. Baru ngrasain plihara kucing persia ini butuh modal bny klo sdh sakit.. Ada dome jg dirumah jd takut kena jg, skrg domenya lg tanggal gigi taring..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Roselina, aku turut sedih denger Ketty yang tidak tertolong :(

      Untuk pasangannya coba pakai cara aku, jadi di isolasi dulu jangan dicampur, terus rumah di pel pakai cairan pembersih karena khawatir ada bekas liur yang bisa nyebar ke kucing lain.

      Telapak kakinya bisa busuk bagaimana? aku baru tau kalau calici bisa bikin kaki luka.

      Berikan saja vitamin dan dipisah dulu kucingnya. Semoga bisa sehat kembali.

      Hapus
  25. Hai istiana aku mau cerita lg kondisi oscar setelah 1 minggu dia sakit. Sehari setelah ke dokter saat disuapin dia seperti keselek. Hari kedua rabu mulai enak makan, kamis udh makin kelihatan baik krn dia udh bisa ngomong "meong" sampe kalo dikasih makan obat atau disuapin pasti udh mulai nendang pake kaki belakang dan mulai berontak nyakar. Hari ini udh 2 hari kalo dilihat kondisi dia drop lagi, dilihat nafasnya ter engah-engah dibantu juga lewat mulut jd mulutnya selalu kebuka dan keluarin air liur 😢😢
    Jadi udah gk bisa berharap banyak selain keajaiban, krn menurut dokter calicivirus nya udah kena liver, dan bisa menyebar ke organ lain :( Makin gk tega liat dia dengan tubuh yg semakin kurus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh sedih banget bisa sakit lagi :(
      Tapi coba dirawat terus aja siapa tau masih ada keajaiban, iya kan? :')

      Terus disuapin sama makanan dan vitamin paling penting. Biar tubuhnya bisa melawan virusnya.

      Hapus
  26. seharian dari pagi kasih dia minum selalu netes keluar terus karena mulutnya yang selalu kebuka, begitu juga kalo disuapin makanan aku udah langsung pake tanganku sendiri tapi makananya bukannya masuk cuma ada diujung mulut dan kalo dia nunduk makannnya pun ikut jatoh :(

    Baru kali ini punya kucing sakit sampe parah gini :(
    kalo aku perhatiin dia mulai sakit dari akhir bulan kemarin, kalo calicivirus tertular dari liur// cakaran/ gigitan kucing lain. kayaknya kucingku kena cakaran dari kucing yg membawa calicivirus yang bikin jadi abses yg kemudian sembuh... setelah sehat masih mau makan, main dan tiba2 aja dia menghilang seharian yg ternyata dia ada di bawah meja disela2 kardus sepatu kosong terbaring lemas.

    vitamin apa yang bisa aku kasih saat kondisi dia lagi drop kayak gini? kalo bisa yang syup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau vitamin bentuk sirup kurang tau, dulu aku dikasih vitamin yg dimasukin ke alat suntikan 3 buah pas bella kena calici (ada di foto), tapi setelah itu aku berikan vitamin bentuk gel, biasanya diberikan sehari sekali sebelum tidur.

      Kalau mulut menganga, ada sariawan ga? Biasanya yang bikin dia males makan itu karena ada luka di gusi/lidah/mulutnya, aku kasih salep kenalog.

      Untuk makanan, makanan basah bisa dicairin kalau dia susah nelen, cara kasihnya sama seperti kasih obat yaitu dicairin sedikit lalu masukin ke alat suntik tanpa jarum.

      Hapus
  27. kalo yang dari dokter juga dapet vitamin, sehari diminum 5 tetes.
    Yang aku liat barusan pinggiran mulutnya yang biasa aku masukkin ppipet buat makan minum bengkak dan gusinya memang berwarna pucat.
    Oke nanti aku coba untuk cari salep kenalog.
    ada tips gk supaya nafasnya gk ter engah2 lagi?

    btw makasih untuk saran2nya yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gusinya pucat ya? tapi kalau memang bengkak, bisa diberikan kenalog sebelum tidur, pastikan setelah pemberian salep itu si kucing sudah tidak makan lagi namun masih diperbolehkan minm.

      Supaya nafas ga terengah-engah? Sepertinya itu memang dikarenakan virus mbak yang nyerang sistem pernapasan.

      Coba tiap pagi dijemur saja di bawah sinar matahari selama 10 menit, sekitar jam 7-8 pagi.

      Hapus
  28. Hallo kak, aku baru aja baca blog kaka.
    Aku mau cerita dan sekalian minta pendapat kakak boleh kan?

    Jadi gini kak, aku punya kucing persia umur 5,5 bln. Nah jd dia (Vio) lg sakit dan ciri2nya sama persis seperti yg kakak sebutin di blog dan kebanyakan komen disini. Tp bedanya Vio gak keliatan terlalu lemas.
    Awalnya itu dia masih lincah lari2, sore dia main sendiri lari2 dirumah terus nabrak kaki meja yg dr besi terus dia langsung bersin2, malamnya nafsu makan dia berkurang. Keesokan harinya dia gak mau makan+minum, sampai 2 hr kedepan tp masih bisa lari2 tp kalo diajak main mulai malas.
    Terus krna gak mau makan sendiri aku paksain dia makan disuapin dg wet food dn minum air kelapa sambil ku jemur tiap pagi. Lalu di hari k3 dia udah mau makan sendiri malah lahap bgt tp masih gak mau minum dan makannya udah balik ke dry food, dihari ke 5/6 baru dia mau minum sendiri. Terus setelah seminggu dia sdh mau makan+minum dg lahap sampai berat badannya jg nambah sekarang. Tp yg aku heran itu kak mulutnya itu masih bau, masih gak nutup rapat sama kdang2 masih ada air liur yg keluar tp gak sebanyak di hari 1-3.
    Terus kemarin dia itu menggosokkan mulutnya ke karpet smpai berdarah gitu. Badannya juga ikut bau gara2 sering dijilatin.

    Itu kira2 gimana ya kak kucing aku, kondisinya sekarang kalo diliat sdh seperti kucing yg sehat (nafsu makan bagus, minun mau, lari2 kesana kemari sdh gak ketulungan kayak biasa ����, berat badannya nambah). Tp itu td mulut dia masih bau dn masih keluar air liur, bisa sembuh sendiri kan ya kak? Kira2 harus ku kasih apa lg ya dia, soalnya di tmpt aku jauh dr dokter hewan, sekitar 2 jam dulu baru smpai ke tmpt dokter hewannya.
    Terimakasih sebelumnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Laila, terima kasih sudah berkunjung ke blog aku.

      Kasus Vio sebenarnya hampir sama dengan kucingku, selain terkena virus calici, di giginya dia terdapat karang gigi tebal yang menyebabkan mulut bau dan ileran terus menerus.

      Solusinya kucing kamu harus dibawa ke vet untuk pembersihan karang gigi, memang cukup mahal (kucingku kena biaya sekitar 700rb untuk pembersihan karang gigi karena selama proses tersebut kucing akan dibius). Tapi setelah karang gigi dibersihkan, nanti mulut kucing kamu ga akan bau lagi dan ileran lagi.

      Gigi kucing memiliki karakter yg berbeda, ada yang mudah berkarang namun ada juga yang tidak, biasanya dikontrol dari makanan dan harus rajin di sikat gigi kalau memang sudah terlihat berkarang.

      Kalau memang belum ada uang untuk dibersihkan karangnya, kamu bisa coba dengan menyikatkan giginya menggunakan odol khusus kucing/anjing, jatuhnya lebih murah kok bisa dibeli secara online, untuk sikat sendiri bisa gunakan sikat gigi bayi atau memang sikat gigi khusus kucing.

      Semoga Vio sehat kembali giginya.

      Hapus
  29. Istiana makasih udah mau denger ceritaku dan kasih saran :)

    Tepat tadi pagi oscar meninggal, sekarang dia udah tenang T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Syahida.
      Ah, aku sedih dengernya :(
      Semoga Oscar tenang di sana dan bisa jadi tabungan untuk amal mbak Syahida. Amin.

      Hapus
  30. Maaf mba aku mau tanya, itu waktu dikasi kenalog pakai jari / cotton bud? Trus cara kasihnya gmn ya? Oh iya apa kucingnya ga marah dan berontak? Mohon dijawab ya mba, terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Binar. Kembali lagi ke sariawan kucingnya dimana. Kucing aku kena sariawannya di gusi bagian gigi depan atas. jadi aku pakeinya dengan jari, jadi aku buka bibirnya dulu di tahan bentar lalu aku colekin dengan kenalog.

      Kalau berontak ya wajar hehe

      Tapi kalau sariawannya di dalam mulut, lidah. Cara pemberiannya dengan mencolekan kenalog ke bagian dinding atas mulutnya.

      Hapus
  31. Kak, kucingku juga kena calicivirus, gusinya kayak difoto itu, ada merah merahnya. Tapi ga ada luka di langit mulut, gusi dan lidah. sariawan kucing itu yg kayak foto di tulisan kakak atau kayak gimana? aku punya kenalog tapi kalo sariawannya kayak manusia, dia ga punya kak. Dia enggak demam, normal, kadang memang nafasnya memang dangkal. Kemarin baru diobatin, dia sebelum diobatin riang dan lincah, tapi setelah dikasih obat kok dianya lebih sering tidur ya. Itu normal ga kak? Mohon dijawab kak, aku nangis terus karena takut kehilangan dia :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Yenita, sorry baru lihat notifikasi di email ternyata ada komentar baru :(
      Gimana keadaan kucingnya? Aku harap sudah bisa sembuh. Kalau lebih sering tidur itu wajar, karena masih masa penyembuhan jadi kayak kita aja pas lagi sakit pasti males melakukan banyak hal.

      Hapus
  32. Enji udah riang seperti semula, dia kalo sakit memang ga ngasih tanda apa apa kak, pokoknya gembira terus padahal lagi kena calici virus. makanan udah lahap, minum banyak, bb udah naik lagi, tapi yaa merah merah digusinya masih ada kak. sekarang enji diminum obat dari dokter terus sih kak, sedih liatnya, obqtanya lebih gede dari telapak tangannya. hiks. sariawan dikucing itu kayak gimana ya kak? aku mau kasih kenalog tapi ga sariawan dikucing itu kayak apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sariawan kucing itu gusinya merah-merah seperti yang aku jelasin, cukup kasih kenalog sebelum tidur aja.

      Hapus
  33. Kak, kucing ku sepertinya kena calici, kemarin dia baik baik aja, tapi tadi pagi dia diem, tidur terus, cuma melek sebentar doang, enggak mau makan/ minum, nafasnya cepet, enggak keluar air liur, pilek, belum ke dokter hewan, krn dokter hewannya pada tutup, saran nya dong ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu sudah yakin dia kena calici? Bisa jadi sedang flu. Saran aku kasih makanan untuk perbaiki kesehatan tubuhnya dengan a/d Canine/Feline Critical Care. Coba cari ke pet shop terdekat.

      Nanti cara kasih makanannya kalau dia ga mau makan, kamu suapin aja. Caranya buka mulut dia terus masukan makanan sedikit demi sedikit. Aku dulu usahain minimal satu sendok makanan masuk ke perut dia. Jangan biarkan dia ga makan dan minum karena itu akan memperparah kesehatan dia kalau ga ada tenaga buat lawan sakitnya.

      Hapus
  34. Hallo tya, aku apri,

    Mau sekedar sharing, kucing tya pernah sakit dan mengeluarkan lendir disekitar mulut juga ga ya?..
    Kucing aku kaya gitu, tapi dia aktif dan nafsu makannya ga berkurang...
    Kucing aku ada 3 persia semua hehe..
    Tapi yang 1 ini keluarin lendir aja dari mulut nya, menular si ngga
    Obat yg cocok buat sembuhin kira kira tya tau apa ga ya?q

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ade, kalau dimulutnya mengeluarkan lendir dan mulutnya bau, coba di cek dibagian gigi dia ada karang plak tebal ga? Kalau itu, itu penyebabnya karena karang gigi. Solusinya harus dilakukan pembersihan karang dengan menyikatnya pakai sikat gigi, tapi kalau udah tebal sebaiknya di bawa ke rumah sakit untuk pembersihan karang. Waktu itu kucing aku dibawa untuk pembersihan karang gigi, lumayan mahal sekitar 700ribuan. Jadi sebaiknya harus rajin di sikat, Apri.

      Hapus
  35. Mbak aku juga punya kitten umur 12 hari dia males banget netek udah di bantu netein pake dot tapi dia suka nolak . Dia 5L mbak . Aku kasian banget kucingku kurus banget . Suaranya juga udah gak bisa keluar . Mulutnya juga bau suka ngeluarin lendir . Pas aku periksa mulutnya ada sariawan di lidahnya sekrang bertambah lgi di gusinya. Biasa aku bantu netein pake sendok aja krna kalau dot dia nolak mulu mbak ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih 12 hari harusnya masih susu doang. Udah di bawa ke dokter belum? Khawatir kena calici.

      Hapus
  36. Kucing ku jg gejala calicivirus..hari pertama sampai ketiga sulit bernafas,keluar liur, gamau makan..hari keempat dan kelima gusinya berdarah..gimana ya biar darahnya berhenti??..dia kayaknya udah semangat mau makan tp giliran dideketin makanannya dia ga makan..saya liat di lidah banyak sariawan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, sudah dibawa ke dokter belum? :(
      Kalau berdarah karena sariawan bisa dikasih kenalog.

      Hapus
  37. Untuk obat deare kasih obat apa ya mbak pupnya cair dan keluar ngk bs kontrol bau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sorry baru balas. Kalau obat diare kucing itu bisa diberikan Hills Prescription Diet I/D Feline can. Bentuknya kaleng pipih masih sodaraan dengan si A/D cuma kalau yang I/D memang khusus gangguan pencernaan.

      Hapus
  38. Bermanfaat sekali infonya kak
    Tapi aku telat baca,
    Kucing ku ad 5, nah yg 4 udah 2 hari kucing ku sakit persis kya bgitu, liur berlndir, bau, luka di sekitar bibir dsbg,
    Aku tetap ngelap mulut n mata yg berair.
    Nah aku ada msalh kak, disini aku blum nemuin dkter hewan, pet shop ny lbih k pngurusan buat gukguk.
    Tdi aku bru coba ksi air kelapa n bsok rencana mau cobain buat sariawannya.
    Selain itu ada saran lain ga kak buat aku supya kucing ku bisa sembuh lbih cepat, soalny ksian klo ngliad dia skit bgitu..
    Trimaksih sbelumnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di bawa aja ke pet shop itu aja dulu, aku yakin sih untuk urusan suntikan seperti vitamin atau semacamnya akan sama tindakannya untuk kucing dan anjing, mungkin yg bedain di dosis sesuai berat badan.

      Yang paling penting itu makanan karena untuk melawan virus calicinya melalui daya tahan tubuh yang kuat. Kalau imun tubuh kucingnya baik pasti virusnya bisa kalah. Untuk makanan aku saranin kasih wetfood A/D (ada di artikelnya), itu makanan memang khusus kucing sakit, kamu suapin aja terus minimal dalam sehari dia dua kali makan dengan takaran 1 sendok sekali makan, tapi kalau dia lahap ya di kasih banyak aja hehe.

      Semoga cepat sembuh!

      Hapus
  39. Hao kak aku baru baca ni, kak kucing aku jg sakit beberapa hari ini kucing aku mulut nya bau dan ngeluatain air liur pas prtama aku tau aku gak tau harus bagaimana jadi aku lapin aja air liur di mulut nya biar bersih dia jg gak nafsu mkn dan dia jg gak jilat* bdn nya sendiri dan akhir nya aku baru hari ini kasih dia vitamin penafsu mkn, dia jg masih suka main. Itu kucing aku knp kak dia jg gak ngmng* dia hanya diam dan tiduran ajaa prnh sih dia ngmng tp gak sering kak. Jd aku harus bagaimana kak? Aku gak tau harus bagaimana 😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan gangguan pada mulutnya biasanya gigi berkarang dan harus dibersihkan giginya :)

      Hapus
  40. Kak mau cerita sekaligus tanya ni Kucingku udah kena penyakit itu sekitar 4 hari dan parahnya dia kaya kesakitan gitu kalo dikasih makan jadi makananya ga masuk perut samasekali padahal udah keliatan laper kucingnya , kalo disuapin dianya selalu gamau.. , aku udah kehabisan ide lagi biar ada makanan masuk ke perutnya , kira kira saranya gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, sorry aku baru buka blog lagi. Kucingnya sekarang gimana? Segera dibawa ke dokter aja ya :)

      Hapus
  41. Kak mau cerita sekaligus tanya ni Kucingku udah kena penyakit itu sekitar 4 hari dan parahnya dia kaya kesakitan gitu kalo dikasih makan jadi makananya ga masuk perut samasekali padahal udah keliatan laper kucingnya , kalo disuapin dianya selalu gamau.. , aku udah kehabisan ide lagi biar ada makanan masuk ke perutnya , kira kira saranya gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus suapin dipaksa aja, kucingku dulu aku gituin sambil aku usap2 kepalanya biar dia ngerti kalau kita maksa makan buat kesehatan dia. Paling bahaya saat perut kucing kosong, itu bisa nyebar kemana2 kalau ga dikasih makan. Kayak manusia aja lah, kalau lagi sakit tapi ga makan sama sekali gimana mau lawan sakitnya? :(

      Hapus
  42. hallo kak, aku audrey aku baru baca blog kakak
    aku mau cerita sekalian minat saran dari kakak.

    kucing ku udah seminggu nggak makan,matanya bengkak dan berair
    udah dibawa ke dokter hewan katanya flu berat,padahal dah di uap 2 kali. dan obat-obatnya udah habis

    tapi sampai sekarang belum sembuh, malah makin parah. sekarang timbul sariawan di lidah sama gusinya. juga dia ngeluarin dahak, dan hidungnya penuh ingus, aku bingung gimana cara ngeluarin ingusnya.

    jadi untuk nambah energinya aku kasih susu beruang sama madu itu pun dibantuin pakai alat, kayak untuk kasih obat ke anak bayi, kalau boleh, boleh minta sarannya nggak kak.

    sebelumnya terima kasih,kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Reyna, sorry banget baru bales komentar kamu. Flu berat sih kucingku belum pernah ngalamin cuma biasanya aku kasih A/D kaleng itu (bisa liat di post tulisan aku) ; terus suapin krn flu itu kan virus ya, jadi harus daya tahan tubuh yg kuat baru si flunya bisa kalah makanya makanan dan vitamin wajib diberikan ke kucing. Semoga kucingnya sembuh.

      Hapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  44. kak, mau nanya, kucingku gusinya kemerahan, memang ada riwayat calici tapi dia ga mengeluarkan lendiri, makan masih mau meskipun sedikit sedikit, terus dia masih lincah lincah aja. jadi rencananya mau aku rawat pake kenalog dan nutriplus dulu, dosis nutriplusnya seberapa banyak ya kak? sehari berapa kali? terus dulu cream kemerahan gusinya baru ilang total setelah berapa lama kak? maaf banyak sekali pertanyaannya, mohon dijawab ya kak. terima kasih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Nutriplus gel cukup dikasih sehari itu sekali sebesar biji jagung. Kalau dia suka biasanya di tempelin aja diujung lidah nanti dia jilat sendiri.
      2. Kenalog diberikan setelah sudah makan malam dan minum, jadi pastikan dulu kucing kamu ga kelaperan saat malam kalau udah makan baru bisa dikasih kenalog dibagian gusi yang kemerahan. Dulu kucingku bisa 2 minggu baru bebas sariawan.

      Hapus
  45. Kak.. kucing aku ciri2nya kaya disebutin diatas.. nafasnya bau, ileran, nafasnya jg terengah engah lewat mulut.��
    Awalnya dia demam,terus jadi kaya gitu.. makan sama minum jg udh ga mau.. ini aja dipaksa walaupun sedikit..
    Mau dibawa ke petshop tak ada biaya..
    Jadi tak kasih obat tradisional, waktu itu nemu blog yang sembuh dari fcv.
    Dikasih multivitamin 2 x sehari.
    Makan 3x sehari.
    Madu dan kuning telur kampung 2x sehari..
    Daya tahan tubuhnya mudah-mudahan cepet balik lagi, dia kucing kampung..
    Mudah-mudahan bisa sehat lagi, ga tega liat dia kaya gt.
    Udah 1 tahun nemenin bareng,, dia kucing yg dulu aku pungut di jln.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for sharing. Intinya gini sih jak bro47, selama kita bisa memastikan bahwa si kucing mendapatkan nutrisi yg cukup maka daya tahan tubuh dia yg akan melawan virus tersebut. Kebanyakan mereka ga mau makan karena sariawan kan, jadi emang harus dipaksain dengan disuapin dan dikasih vitamin juga. Semoga cepat sembuh untuk kucingnya.

      Hapus
  46. Tadi pagi kucingku sudah tak tertolong lg kak..:(
    Aku sudah semaksimal mungkin merawatnya.. waktu hari selasa kucingku sudah sehat, nafasnya sudah normal, bisa grooming.. makan udah agak doyan.
    Tapi Allah berkehendak lain.. pagi2 dia seperti sesak nafas lagi, dan akhirnya meninggal..
    Selamat jalan mojo, semoga kita dipertemukan lagi di alam lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah sedih.. ikhlasin aja ya. :(

      Semoga bisa ketemu di surga nanti. Aamiin :)
      Saat ini Mojo pasti lagi main-main di surga :)

      Hapus
  47. Kalo gusi nya merah,bisa dikasih kenalog juga ga?KKalo iya, Kenalog nya dipake pas kapan aja?
    Kucing ak muntah2 iya..keluar aer liur iya juga karena gusi nya memerah..

    Kemaren ak ke dokter..tp dokter cm ngasih suntik, obat sebelum makan, dan obat setelah makan..
    Jd ak bingung gmn gusi nya sembuh.. 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau merahnya sariawan itu bisa dikasih kenalog kok. Kasihnya itu cukup saat malam hari setelah kucing makan. Cukup kasih sehari sekali aja dengan cara diolesi.

      Hapus
    2. Td ak sms dokter nya lagi, katanya obat yg dy kasih bisa ngurangin radang gusi..
      Tp ak kasian liat dia sulit makan..skrg malah setiap dia makan dia meraung.. Itu gimana ya.. Ak bingung.. :'( kucing kamu pas sakit meraung jg ga kalo dikasih makan?

      Hapus
    3. Kalau meraung ya pasti, coba dielus kepalanya sebelum suapin makanan pelan-pelan. Pasti nanti mau makan kok

      Hapus
  48. Halo mbak..
    Aku baru nemu artikelnya dan pas banget sama keadaan kucing ku. Tp kucing ku ga sampe yg mengeluarkan liur bau. Aku mau nanya, gimana cara aplikasi salep kenalog ke kucing yg suka berontak ya? Krn kucingku setiap dikasih obat selalu berontak. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kenalog itu bentuknya salep kok. Jadi kalau berontak ga berontak kayak dikasih makan.

      Supaya dia ga berontak, coba kucingnya dipeluk sambil di sayang-sayang gitu, nanti pas dia udah tenang baru buka mulutnya.

      Hapus
  49. kenalog kalau ketelan kucing berbahaya gak?

    BalasHapus
  50. Kak kucing ku mulut nya mengluarkan lendir nafas nya bau makan gak mau minum juga gak mau kalau disuapin pastimakananya dikeluarkan lagi udah dibawah kedokter 2 dokter malahan tapi tidak ada perubahan badan makin kurus dan lemas cara pertolongan pertama yang harus saya lakukan ape ye kak mohon di kasi pencerahannye kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dedee gimana kabar kucingnya? Semoga udah sembuh ya.

      Hapus
  51. Aku telat baca postingan kk .sebulan yg lalu kucing aku namanya sasa sudah tdk ada. Sy masih penasaran sampai sekarang merasa kehilangan dan ga rela kalau harus nerima sasa udh mati . Awalnya gejaala seperti cream langsung aku bawa k drh dan ditangani disuntik vitamin,antibiotik dan penurun demam sm dokter . Kondisi sasa dibawa k drh tdk lemas. Sasa diberi obat untuk d rumah tetes telinga,vitamin,dll. Sy sudah coba suapin sasa makanan lunak tp di jatuhin lg dr mulutnya . Sy kira akan dimakan beberapa jam kemudian taunya setelah 3 jam an sasa keluar ingus disertai sedikit darah membuat sasa tdk bisa bernafas lwt hidung . Mulutnya buka trs nafas dr mulut . Sy telfon lg drhnya katanya virus nya sudah menjalar k pernafasan . Waktu itu saran dokter kasih kuning telur disuntikkan dicampur madu k mulutnya . Semaleman sy gabisa tdr . Bsknya sy mau bawa sasa k drh lg dan beri air kelapa krn susah cari ir kelapa malam. Taunya sasa muntah setelah diberi telur kuning dan obat dr drh . Pagi sasa udh gaada jam 7. Niatan aku untuk bawa k drh lg dan beri air kelapa udh sirna gt aja kak .hati aku ancur seancur ancurnya ga tega liat sasa mati . Aku semaleman urus sasa ga bisa tdr smpe pagi. aku kira dgn d bawa k drh bisa membaik. Taunya virusnya memang sangat cepat merusak imun sasa. Aku kurang tau ttg penyakit ini . Oh iya sasa itu baru melahirkan anak 7 harian sblm sasa mati . Anak anaknya menyusul mati satu per satu . Dan 2 kucingku yg lain terserang gejala yg sama 3 hari kemudian. Alhamdulillah 2 kucingku bisa selamat aku bawa k drh . Info tulisannya sangat bermanfaat kak. Trimakash ya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih dengernya :(
      Semoga Sasa dan anaknya bisa bahagia di surga sekarang. Virus Calici emang bahaya dan cepat menular, jadi kalau sudah ada yg terinfeksi harus segera di isolasi dari kucing lain dan bersihkan rumah menggunakan pembersih lantai.

      Sama-sama, semoga cat owner yang lain bisa terbantu dengan tulisan ini.

      Hapus
  52. halo mbak,
    kucing saya sariawan d'gusi atas,mbul masih mw makan dan minum meskipun sedikit,klo d'kasih ikam dy kaya yg kelaperan tapi kesulitan bwt ambil makanan dri piring'a, jdi msti d'suapin klo mw makan, dy jg jdi lebih lesu gak petakilan ky biasa'a,
    klo saya mw kasih kenalog itu sudah pasti aman klo kita kasih ke kucing? terus klo saya mau kasih air kelapa muda berapa x sehari n berapa bnyk yg mesti saya kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kenalog aman kok untuk kucing kalau tertelan. Diberikan saja tiap malam setelah kucing makan. Sehari cukup sekali saja.

      Kalau air kelapa hanya untuk jaga supaya ga dehidrasi mas, jadi ya ga harus air kelapa juga selama si kucing masih bisa minum.

      Hapus
  53. Mb mau nanya kalau kucing mulutx berlendir bau pucat itu bagaimana y saya periksa tidak ad luka atw bengkak dia ud g mw makan slm 2 hari mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dibawa ke dokter belum? Karang gigi dia kotor ga? Sariawan bisa terjadi di dalam mulut juga hingga membuat kucing jadi tidak mau makan, sebaiknya di konsultasikan ke vet, mbak :)

      Hapus
  54. Aku telat baca ini... NAMI baru aja pergi karena Calici. Doakan anak2nya yang juga tertular bisa kuat ya huhuhu

    BalasHapus
  55. Kaka aku mau nanya, kira kira biaya ke dokter hewan mahal ga ya? Kucing aku sakit mulutnya bau ngeluarin lendir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, untuk biaya pengecekan murah kok. Yang aku tau itu sekitar 25ribu/pengecekan sampai 100rb/pengecekan.

      Tapi kalau mulut bau+lendir akan dilihat lagi, apakah karena plak yang menumpuk atau terkena penyakit yang lain. Segera di bawa ya

      Hapus
  56. kak kucingku gitu kena virus Feline calicivirus seminggu kemarin sehat" aja sekarang baunya gk enak di kira makan sampah ternyata berlendir , sampai kamarku bau busuk . . penangan nya gimana yah kak , aku gk punya uang buat di dokterin , apakah di minum in air kelapa ijo setelah itu di kasih salep kenalog ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rizk, sesuai yang sudah aku tulis di atas, untuk melawan virus harus menggunakan imun dari si kucing tersebut.

      Cara meningkatkan imun harus melalui makanan yang masuk dan juga vitamin.

      Sebenarnya ga mahal kok kalau kamu ke vet yang tidak terlalu besar, yang penting ada penangannya.

      Tapi kalau memang tidak bisa bawa ke vet, mohon diberi perhatian khusus untuk si kucingnya ya.

      1. Beri makanan yang penuh nutrisi seperti A/D. Pastikan dalam satu hari ia makan dua kali sehari dan benar-benar masuk ke dalam mulut dan ditelan. Metode suapin adalah cara yang paling cocok karena kucing akan menolak untuk makan akibat sariawan/radang yang dialami.

      2. Air kelapa sebenarnya hanya untuk menjaga dehidrasi, hal ini bisa di skip selama si kucing bisa minum sendiri.

      3. Berikan multivitamin tambahan, bisa bentuk gel atau cairan.

      4. Perhatikan juga feses kucing, ini untuk memantau apakah si kucing pipis dan pup dengan normal atau tidak.

      5. Bersihkan rumah menggunakan cairan desinfektan ya. (di pel).

      6. Terus berdoa :)


      Semoga cepat sembuh.

      Hapus
  57. Halo ka, terimakasih atas sharingnya,
    Kucingku luna juga kena virus calici, tapi saat dibawa ke vet dia cuma dikasih antibiotik, dan obat untuk tenggorokan warnanya ungu gitu, aku baru baca cerita kakak setelah pulangnya dari vet, dokter tidak memberikan vitamin. Dia juga jarang pup, untuk makan dan minum dia sudah harus di suapin 😢 dia terus minta masuk ke kamar mandi. Mohon doanya ya untuk kesehatan luna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya ga dikasih vitamin dalam bentuk suntikan ya? Mungkin Luna dianggap masih kuat :)

      Kalau belum pup itu dampak dari perut yang kosong, dia kan lagi susah makan. Ikutin aja sesuai langkah-langkah aku di atas.

      1. Kasih vitamin bentuk gel yang rutin diberikan sehari sekali
      2. Terus suapin makannya
      3. Obatin sariawannya apabila memang ada
      4. Pindahkan dia ke ruangan yang lebih nyaman

      kalau kucing maunya ke kamar mandi terus, dia lagi ngerasa kepanasan jadi nyari ubin yang dingin.

      Semoga cepat sembuh :)

      Hapus
  58. Kucingku gusinya merah banget gitu, kak. Sudah disuntik antibiotik dan satu suntikan lagi aku ga tau untuk apa. Dia sebenernya mau makan tapi ga bisa, kayak kesakitan sendiri gitu. Kira-kira ada rekomendasi untuk obati gusinya ga ya? Dan kalau ada, kasihnya bagaimana ya? Soalnya dia kesakitan setiap aku pegang mulutnya. Disuapin aja susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gusinya merah itu artinya sariawan di sekitar gusi. Beli kenalog kemudian diberikan pada gusi kucing setiap malam setelah kucing makan.

      Terus suapin kucingnya ya sambil obatin sariawan di gusinya. Lalu, kalau kamu khawatir ada sariawan di dalam mulutnya, salep kenalognya bisa kamu tempelkan pada langit-langit mulut si kucing. Kenalog aman bila tertelan kok.

      Hapus
  59. Halo... baru baca blog ini. Skrg ini kucing aq spt gejala kucing teman2 yg lain. Cuma skrg ini ibel (nama kucing aq) merahny di sekitar bibir jadi kliatan agak bengkak.. napsu makanny sih masih normal... ini cuma kena sariawan aja atau sdh msk gejala kena virus spt tmn2 diatas??
    Klo aq oles kenalog ini bisa gak yah..obt ini bntkny pasta atau cair...

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum kak.. kucing saya diare dan demam aku taruh di klinik hewan dan di opname bbrp hari stlh di opname dokternya bilang kalo pupnya berdarah :( dan karena saya anak rantauan mau plg kampung kucing saya saya bawa terus dokternya bilang skrng mulutnya tiba2 bau busuk bgt dan gusinya merah :( apakah itu bisa jadi virus calici ????

    BalasHapus
  61. kak kucingku tiba tiba lemas, gamau gerak, bulunya lembab, air liur terus netes, itu termasuk virus calici juga?:(((

    BalasHapus
  62. Assalamu alaikum kak.
    Mohon bantuannya donk. Kucingku skit udh 3hri ini. Awalnya muntah"lemes. Tp msh mau makan,minum. Setelah hri kedua gk mau makan cm minum aja. Lmes biasanya sllu aktif,ini tdur tdur aja. N hari ketiga mkin lmes, mlah mulutnya kluar air liur yg bau. Kmrn udh q ksih vitamin dr petshop. Tp blm smbuh jga. Kira"skit apa ya kak kucingku ini.? Gk tega liatnya lmes kyk gto.

    BalasHapus
  63. Kucingku meningal setelah 2 hari mulutnya keluar cairan campur darah,gak mau makan, badannya kaku,.....2 bulan yg lalu kucingku berkelahi dg anjing,mengakibatkan nafsu makn menurun,mohon penjelasannya itu penyakit apa?

    BalasHapus
  64. Gmn klo daerah kita g ada dokter hewan .. cara terbaik penanganan nya gmn sist terima kasih.

    BalasHapus
  65. Hai kak, help me. Kucingku ada 3 yang pertama baru kemaren meninggal disebabin karena virus calici dan ditambah dia muntah2 pas hari ininya kucing yg 2 ku juga sama terserang calici virus ga mau makan sama minum. Yg 1 keluar lendir dari mulut hidung sama. Matanya juga ngeluarin air.dan kucingku baru umur 4bulan tolong kak gimna caranya.

    BalasHapus
  66. Hai kak, help me. Kucingku ada 3 yang pertama baru kemaren meninggal disebabin karena virus calici dan ditambah dia muntah2 pas hari ininya kucing yg 2 ku juga sama terserang calici virus ga mau makan sama minum. Yg 1 keluar lendir dari mulut hidung sama. Matanya juga ngeluarin air.dan kucingku baru umur 4bulan tolong kak gimna caranya.

    BalasHapus
  67. Hy kk.trmks pengalaman nya. Mau sharing kucing ku sekitar 6-8 bulan mengalami hal yg sama dgn kucing kk. Dan air liur nya keluar di hari 2 aq mulai sadar dan Q ttp memberi ny mkn dan minum.. dia suka diam dan hanya menyendiri saja.. tp masih mau jalan dan mau minum meski sedikit mungkin susah utk minum dan aq bantu dgn sped buaT makan dan minum nya  pagi dan sore plus malam krn kj. Tp dia juga masih mau jalan  dan pup pee di t4 nya hri ke empat aq larikan dia ke vet utk suntik vit dan antibody setelah ke vet aq berfikir krn kerja akan bawa dia ke kantor utk sll aq bisa pantau dan full kasih makan dan minum. Ternyata di vet dr nya bilang dia hrs di infus krn sdh dehidrasi tp aq gak mau di rawat inap. Dr saranin utk jmput malam.malam aq jemput dr bilang infus blm habis sebaik nya jmput besok sj tp aq sll gelisah sedari ninggalin kucing ku di vet. Tp aq berfikir dr lebih paham dan mempercayakan nya dgn dr. Pagi nya saya dapat kabar kucing saya memburuk segera saya dtg ke vet ternyata kucing nya sudah berbaring sj dan wajah nya sudah membengkak matanya sudah spt melotot. Aq rada nyesel percayakan kucing ku utk di tinggal padahal kmaren dia masih bisa jalan masa tibanya di saranin di infus bukan membaik tp memburuk. Ingin x aq bawa pulang.. dr bilang biar sj dl sampai malaam.. dan aq sudah kuat kan hati meski nangis sj memikir kan nya nya jam 2 aq pergi dan berencana sore segera kembali utk bawa kucing nya pulang jam 3 sore aq tanya kabar dan akan segera jmput tenyta jam 3.56 di kabarin kucing ku baru meninggal.. nyesel x ga langsung bawa pula g maLam itu..

    BalasHapus
  68. Padahal sebelum nya kucing ku masih bisa jalan.. bukan nya mkn membaik di vet tp mkn memburuk.. sakit x rasanya

    BalasHapus
  69. Aahh kucing aku namanya ucup juga lagi sakit persis kaya gitu :((( gatega liatnya

    BalasHapus
  70. Hallo salam kenal kak...dirumahku kebetulan ada kucing tetangga tapi sama pemiliknya tidak mau ngurus (ceritanya ini dulu si kucing ini teman akrabnya kucingku) sepertinya terserang virus calici...badannya kurus banget, sering mngeluarkan air liur yg berbau, dan sekitar bawah mulut dan telinga bengkak... dia sebenarnya pengen makan tapi saya bingung kasih makan apa yg bertekstur lembek... ini gimana ya? Kira2 konsultasi/biaya perawatan mahal? 😭😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Fenny. Sorry baru membalas. Seperti yang udah aku jelaskan di blog, mengenai biaya tergantung klinik vet dan kondisi kucing sendiri.

      Kalau tidak sampai di rawat inap, biaya tidak melebihi 150ribu untuk total konsultasi dan tindakan seperti suntikan vitamin, antibiotik, dkk.

      Untuk makanan sudah dijelaskan di dalam blog untuk memberikan asupan makanan wet food berprotein tinggi seperti A/D HILL PRESCRIPTION DIET URGENT CARE.

      Semoga kondisi kucingnya segera membaik ya. :)

      Hapus
  71. Kak cara kasi Obata katalog ke kucing nya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenalog salep? Kalau sariawannya cuma di gusi luar bisa kamu olesin pakai jari aja ke gusi tersebut.

      Tapi kalau sariawan di dalam mulut si kucing, kamu bisa memberikan salepnya dengan meletakkannya di langit mulut kucing dengan cara dioleskan pakai jari.

      Hapus
  72. Ka kucing saya gusinya berdarah dan lidahnya luka, sepertinya dia kena penyakit kaya kucing kk, say udah beli kenalognya tapi takut mau ngasihnya, itu aman kn ka buat kucing ? Dan gmna cara ngasihnya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan penjelasan dokter hewannya, kenalog aman bila tertelan oleh hewan/manusia. Jangan ragu-ragu kasihnya. Kalau luka di gusi, cukup kasih ke gusinya dengan bantuan jari telunjuk dengan cara mengusap salepnya perlahan.

      Untuk di lidah, kamu bisa meletakkan salep kenalognya di langit-langit mulut si kucing

      Hapus
  73. Kayaknya waktu itu kucingku terserang penyakit ini deh. Sekarang dia udah nggak ada 😭😭 Baru tau infonya sekarang. Makasih, Mbak ❤

    BalasHapus
  74. Hy.. aku mau tanya nih, jgn2 kucingku juga kena penyakit ini. Kucingku namanya tama, tiba2 lemas, gk mau makan dan minum, itu berlangsung 2hari. Kotorannya juga cair. mulutnya berlendir dan bau. Liurnya keluar tp tdk banyak dan ada ingusan tp sedikit. Setelah 2hari aku suapin wet food + ekstrak kunyit, keadaanya membaik. udah mau makan dan minum sendiri walau cuma sedikit krna masih susah nelannya. Udh mulai jd stalker kyk biasanya. Aku perhatikan, Lidahnya gk luka, dan gusinya wrnanya pink, tp bagian gigi depannya tuh berdarah, kyknya giginya tanggal dan gusinya luka jd berdarah. Suaranya mengecil klu meong tp pernah skali sy tinggal keluar bentar, meong keras bgt sampe kedengaran sampe luar rumah. Apa kucingku ini kena virus atau penyakit lainnya ya? mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Nimas. Untuk memastikan gejala penyakit kucing sebaiknya dibawa ke vet pemeriksaan lebih lanjut. Dari ciri-ciri yang disebutkan sepertinya memang kucing mengalami gejala calicivirus dan harus segera diberikan obat untuk gusi dan makanan khusus masa pemulihan dari sakit agar virus bisa mati.

      Karena kalau gusi dia sakit/luka nanti susah makan krn dia ga nafsu makan.

      Hapus
    2. Untuk nafsu makan, sepertinya tdk terganggu. Kadang dia pen makan sendiri hanya saja utk lebih maksimal tetap sy suapin. Aku udh ke Vet dan tama memang kena calicivirus. Langit2 mulutnya luka :(
      Dan ternyata virusnya juga udh menular ke kucingku yang satu.
      Untuk yang kucingku satu ini, daya tahannya kuat kata dokter, krna dia masih aktif dan makan minum dengan normal.
      Makasih atas pencerahannya :)
      Semoga kucing2 ku sembuh, Amin

      Hapus
  75. halo kak, kucingku (mia namanya) juga kena calici virus baru aja pulang dari vet, kondisi mia sebelumnya mulutnya bau dan sperti ileran bahkan telinganya juga mengeluarkan nanah, gusinya sariawan, nafsu makannya turun tapi masih mau minum sendiri, mia juga lemes gamau gerak, noleh pun enggak kalo dipanggil dan juga mia terkena abses karena digigit kucing liar (duh banyak banget cobaaan).sekarang setelah dibawa ke vet dan disuntik vitamin, antibiotik, anti nyeri, mia udah agak sehat, sudah mau makan sendiri, lincah (udah bisa mondar mandir), ngeong walaupun suaranya masih serak.tapi ya masih belum sembuh 100% dan aku sangat beruntung nemu artikel ini, aku jadi tau bagaimna ngerawat kucing yang lagi kena virus, selanjutnya aku mau praktekin beberapa cara yang udah disebutin diatas sembari ngasi obat dari vet yang ak kunjung. semoga mia bisa sembuh.

    BalasHapus
  76. Mohon bantuan nya,,awalnya senin lalu kucing saya muntah n d muntahnya ada cacing gelang,biasa sering kayak gini tapi habis itu bisa sembuh lagi sendiri,malam nya masih mkan,tapi pagi rabu dia udah ga mau makan lagi,malam rabu nya dia makin lemas,keluar air liur dari mulutnya,kepala nya panas,nafas nya kencang sekali n udah ga bisa berdiri lagi,,itu kucing saya kenapa ya,n apa obatnya,saya mau bawa k petshop d sni ga ad pet shop,butuh waktu 1 jam k puskeswan,n saya ga tau apa bisa di sana d obati kucing

    BalasHapus
  77. Popo Mati kena calicivirus gara lambat tau nya :( matinya 29 april lalu sampe sekarang blum kuat masih sering nangis ingat popo :( Blum sempat ngasih obat popo udah mati aja :( mati nya pas aku lagi peluk :( Rindu popo :(

    BalasHapus
  78. Ka mau tanya untuk vitamin gelnya dikasih brp kali sehari? Kucing ku gamau mkn grgr terkena virus ini

    BalasHapus
  79. Jika boleh tahu resep obat yang diberikan drh apa ya, kucing saya juga sakit flu sudah lama tidak sembuh total

    BalasHapus
  80. Halo ka saya mau bertanya kalau matanya berawal dr darah lalu menjadi kuning itu kenapa ya? Lalu apa ada obatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan terjadi infeksi. Saranku segera bawa ke pet shop yang ada dokternya.

      Hapus
  81. kucingku juga kena tanda-tanda yang diatas, gak mau makan dan minum sama sekali huhuhu matanya berlendir sampai ketutup rapet. apa dia juga kena virus sama kaya cream? dr mulutnya juga keluar lendir gitu kaaaa, aku bingung harus gimana. umur dia baru satu bulan soalnya. tapi masih lincah gak ada lemes-lemesnya

    BalasHapus
  82. kucingku juga terserang tanda-tanda diatas kaaa, matanya berlendir sampai ketutup rapet. mulutnya juga ngeluarin lendir, apa dia kena virus yg sama kaya cream? dia baru satu bulan, jadi aku bingung harus gimana huhuhu. gak mau makan sama sekali sampai badannya kurus bgt dan udah sakit selama seminggu, udah aku kasih antibiotik sama obat flu(aku kira flu soalnya awalnya dia bersin terus) tapi dia tetep lincah gak ada lemes-lemesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bawa ke vet aja. Kalau mata sampai ketutup belek banyak gitu kemungkinan terkena virus.

      Hapus
  83. hai baru baca artikenya, kucingku (spike) sdh 1 minggu di rawat inap karena penyakit tsb, awalnya diare dan sariawan plus radang aku bawa ke dokter trs sembuh minggu depan dia muntah2 trus aku temuin dia dipojokan rumah dengan mulut berliur dan berbusa putih, panik dong, krn ga mau minum dan makan akhirnya aku ksh kuning telur buat cover tenaganya sembari cari dokter hewan, berhub minggu dokter pada tutup... siang jam 12 aku bawa spike sambil cari dokter hewan krn saat itu spike udah dehidrasi akut, demam sd 40 derajat, ga berdaya sama sekali, kasian deh... sampe dokter lgsg di infus selama 3 hari, kuping nya kotor dan basah(congean) kata doc itu bawaan virus nya... dan kmrin ada bercak merah di kuping dia kata dokter kena leptospirosis, sdh seminggu di rawat inap dokter, mau aku bawa plg karena dana terbatas, liat postingan kamu jadi ada kepikiran mau ksh air kelapa jg,kondisi skr sariwan sdh membaik dan gusi sdh mulai pink, telinga nya jg sdh kering... cm ya itu ada leptospirosis nya jd hrs di suntik berkala... thanks sharing info nya

    BalasHapus
  84. Maaf kalau boleh bertanya. Kucing saya sudh 5 hari demam, gejala awal mulai dari telinganya yg keluar congek dan seperti ada nanah sedikit lalu dilanjut dengan gejala demam, tidak masuk makan, badan lemes dan sempet pernah muntah cairan kuning berbusa juga. sampai sekarang masih galau nih, ini gejala calici virus atau bukan, tandanya mirip hanya tidak berliur dan bau mulut saja. Tolong pencerahan ka agar baiknya harus seperti apa. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muntah cairan kuning kemungkinan disebabkan karena tidak ada makanan masuk, sehingga lambung kosong. Kalau dibiarkan bisa terjadi infeksi lambung dan kondisi akan memburuk karena tidak ada nutrisi yang masuk.

      Saran saya segera diberi tindakan untuk ke dokter hewan. Jangan ditunda karena kondisi sudah sangat memburuk.


      Untuk makanan tolong dipaksa untuk makan dengan cara disuapin. Jenis makanan basah ada di dalam blog yaitu science diet A/D.

      Hapus
  85. Maaf kalau boleh bertanya. Kucing saya sudh 5 hari sakit, gejala awal mulai dari telinganya yg keluar congek dan seperti ada nanah sedikit lalu dilanjut dengan gejala flu, demam, tidak masuk makan, badan lemes dan sempet pernah muntah cairan kuning juga. sampai sekarang masih galau nih, ini gejala calici virus atau bukan, tandanya mirip hanya tidak berliur dan bau mulut saja. Ingin sekali membawa ke dokter tapi sangat belum ada dana sampai sekarang

    BalasHapus
  86. Kak..kucingq bersin2 trus skrg keluar darah dari hidungnya dia juga susah bernafas kira2 kenapa y kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ada masalah dengan hidungnya. Segera bawa ke dokter hewan ya untuk mencegah hal buruk terjadi

      Hapus
  87. kak mau nanya, kucing ku kena calici,udah mendingan tapi belum tau udah sembuh total atau belum, jadi belum dibolehin ketemu dgn kucing lain, cara mastiin dia udh sembuh total gimana yaa?? makasih infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mastiin dia udah sembuh dari napsu makan yang normal, pergerakan yang aktif dan ga ada masalah dengan pernapasannya.

      Hapus
  88. kak, cara tau kucing sudah sembuh total dari calici gimana ya? kapan dia boleh ketemu kucing yg lainnya? makasih infonya kak

    BalasHapus
  89. Halo kak mau nanya, kucing saya 2 ekor masih kitten, yg satu sakit tiba2 dibagian dekat kumisnya itu ada luka terus bagian bibir bawahnya itu juga luka warnanya kaya hitam2 gitu dan kadang2 berliur, kira2 itu kenapa ya? Tapi dia ga lemes masih nafsu makan dan mau main. Nah sodaranya yg main sama dia udah kena juga tapi lukanya cuma sedikit kaya setitik gitu di bagian kumisnya. Daerah saya tinggal ga banyak dokter hewan, jadi saya coba tangani dengan bersihkan luka nya terus saya kasih juga mereka konsumsi minyak zaitun sbg antioksidan utk kekebalan tubuhnya dan oralit agar mereka ga lemas karena dehidrasi. Nah yg mau saya tanyain itu, kira2 itu penyakit apa ya apakah kucing kakak pernah ngalamin ky gini juga? penanganannya gimana? Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  90. sumpah sih emang dokter kartika bagus bangetttt!! aku juga belum lama ini pindah ke mahardika :D -nabilla

    BalasHapus
  91. Makasih infonya kak.
    Kucingku juga kayaknya begini.
    Blm tau pasti si. Tp yg jelas, km masih baik2 saja dan skrg mrk tiba2 lesu sampai benar2 gk bisa duduk/bangun dan ileran terus. Badannya juga gemetar hebat . Huhuu
    Bsok rencananya mo ke puskeswan. Doakan mrk sembuh ya kak. Thankiss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun :(

      Semoga cepat sembuh kucingnya yaa...

      Makasih udah mau baca blog aku.

      Hapus
  92. Share pengalaman : utk mengobati dari virus tanpa kedokter dg obat alami kupakai buah mengkudu ditumbuk campur air dikit minumkan sesendok tiap 2 jam atau 6x sehari (2 kucingku sembuh dari virus dlm 3 hari cuma kukasih mengkudu) silahkan di coba.

    BalasHapus
  93. Sedih .. mungkin sudah takdir kucingku.. induknya udh dicoba utk dirawat dan dibawa ke dokter.. tapi mati.. penyakitnya sana FcV.. penularannya memang luar biasa.. setelah indukan mati.. langsung anaknya yang umur 5 bulan ikut sakit.. bertahab 2 hari dan mati.. udh dibawa berobat dan ksi vitamin juga .. tapi apalah daya. Si comel indunya dan anaknya simichan mati

    Skarang menular ke simba 5 bulan dan amoy 5 bulan juga sikecil yg umur 2 bulanan..

    Kalau udh gamau makan sush.. disuapin jg dikeluarin.. entah aku yg ga pandai.. minum bgitu jg.. hanya bisa pasrah lihat simba dan amoy sakit.. bau memang badannya entah air liurnya. Yg jls fcv berbahaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga diberi kesembuhan ya. :(

      Semangat terus merawat mereka.

      Hapus
  94. makasih untuk sharenya bu Istiana.

    Kucing saya si Oyen juga lg didiagnosis kena FCV.

    awalnya tgl 01 kucing saya yg namanya Osma sudah wafat kena virus Panleukopenia.
    trus tgl 04 si Oyen sudah menunjukan gejala-gejala sama, cuman bedanya si Oyen bau mulut banget dan gusinya luka2, terakhir giginya copot saat saya mau spoid antibiotik. karena udah panik, saya bawa ke klinik tgl 06 malam dan akhirnya sampai sekarang masih rawat inap..

    mohon doanya semoga my Oyen segera pulih dr virus >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Saya memang sengaja share mengenai ini karena sedikit yang nulis pengalaman merawat kucing yang kena virus panleu dan calici hingga sembuh.
      Semoga bisa jadi manfaat untuk para pecinta kucing di luar sana.

      Ya ampun sampai gigi mau copot... Emang si oyen umur berapa?

      Pasti didoakan. Semoga oyen cepat pulih dan kembali berkumpul dengan ownernya.

      Hapus
  95. Klo pake air kunyit dan madu bisa g y, kucing saya udh hampir sminggu sakit seperti itu kyknya g mau mkn minum mulutnya merah smua, saya pikir gr" ganti pakan jd yg murah. Kasian lemes bngt jd kurus bngt kusam lagi bulunya. Udh d kasih cairan dehidrasi yg d tetes sama makan d suapin. Awal" mulutnya g mau buka tp lama" mau mkn sndri walau harus d suapin. Oh iya apa virus itu nular k manusia? Apa lagi adik saya lagi hamil. Bantu saya urus kucing sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa ga dibawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan?

      Kalau mulut merah, itu maksudnya gusi ya? itu sariawan. Harusnya dikasih salep kenalog untuk pengobatan. Tapi saya sarankan untuk tetap bawa ke vet.

      Makanan diberi yang jenis wetfood dulu.

      Virus calici hanya menyerang hewan tapi tetap jaga kebersihan ya.

      Hapus
  96. Untuk pemberian obat sariawan bagaimana caranya? Mohon di balas. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Dinda. Cara pemberian obat sariawan berdasarkan letak sariawannya di mana.

      Kucing aku kena sariawannya di gusi bagian gigi depan atas. jadi aku pakeinnya dengan oles langsung menggunakan ujung jari. Aku buka bibirnya dulu di tahan bentar lalu aku colekin dengan kenalog.


      Tapi kalau sariawannya di dalam mulut, misal di lidah atau di bagian mulut dalam/langit mulut/dinding mulut. Cara pemberiannya dengan mencolekan kenalog ke bagian dinding atas mulutnya.

      Tujuannya agar kenalog tersebut tercampur dengan air liur secara bertahap dan membaluri sariawan di dalam mulut kucing.

      Semoga membantu.

      Hapus
  97. Kucing aq pun cenowi baru aja meninggal tiba" 3 hari lalu gamau makan dan mrnyendiri
    Padahal biasa nya dia paling aktif paling rakus juga makannya
    Tetiba sakit dan lemes di bawa ke dokter hewan langsung di infus karna dehidrasi parah besoknya dokter bilang keadaannya krisis 😭 mana ga bisa di jenguk karna aturan pandemi paginya di kabarin lagibkalo cenowi meninggal ancur banget hati dibtinggal hewan kesayangan tiba tiba karna sebelum nya dia selalu sehat ceria dan ga pernah sakit.. cenowi makasih ya udah jadi bagian keluarga ku selama 7 bulan ini dari bayi aq rawat masih kebayang terus dia lari" di rumah 😢

    BalasHapus
  98. Kucing aku juga terkena penyakit ini , dan sekarang kondisi nya kritis .. tolong aku kak gimana cara ngatasin nya , mau nangis aku liat kondisi nya ..
    Aku gak mau kehilangan kucing kesayangan ku 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibaca lagi artikel tulisan saya. Saya udah nulis detail cara dan tahapnya kok. :)

      Kalau merasa ga cukup, bisa baca di kolom komentar, mungkin masnya punya pertanyaan yang serupa dan sudah saya jawab.

      Jangan panik, harus tenang biar bisa fokus dan maksimal merawatnya.

      Semoga cepat sembuh ya.

      Hapus