Cara Merebus Telur Dengan Microwave

June 16, 2015 Istiana setya rahayu 3 Comments





Cara Merebus Telur Dengan Microwave

Memakan telur rebus merupakan bukan hal baru. Bahkan dari kecil kita semua pasti pernah mendapatkan telur rebus gratis dari posyandu terdekat. Ngaku deh kalo kamu sekarang jadi ingat masa-masa ikut posyandu terus nangis kalo ga dapat telur plus pisang. Iya kan?

Kalo saya sih gitu hahaha

Oke balik ke bahasan utama yaitu merebus telur.

Jadi begini, akhir-akhir ini saya lagi sering konsumsi telur rebus di kantor. Karena menurut saya repot kalo harus bawa telur rebus dari rumah (yang biasanya kalo merebus telur dengan kompor idealnya membutuhkan waktu 7-8 menit) maka saya memilih untuk membeli telur mentah dari f*odhall dan menyimpannya di kantor.

Sebagai informasi, telur merupakan salah satu makanan bergizi di dunia dan mudah didapatkan namun gosip yang bilang makan telur kebanyakan bisa bikin bisulan justru membuat orang-orang enggan konsumsi telur.

Padahal telur rebus ternyata sering digunakan untuk diet loh. Diet tersebut biasa dikenal sebagai Egg Diet. Ga percaya? Kapan-kapan akan saya bahas di artikel yang terpisah (sekaligus mau nunjukin hasilnya hahaha)

Jadi kita langsung aja yuk dengan langkah-langkah cara merebus telur dengan microwave (berdasarkan pengalaman pribadi)

Bahan-bahan:
-Telur
-Air panas
-Air dingin
-Microwave
- Mangkuk

Bumbu: 
garam dan lada secukupnya.

Cara pembuatan:

1. Persiapkan 2 buah telur. Pastikan telur tersebut masih fresh dan layak pakai. Cara mengeceknya adalah dengan merendam pada wadah berisi air. Semakin melayang telur ke atas permukaan air maka semakin berkurangnya kesegaran dari telur tersebut alias mendekati masa expired.

merebus telur dengan microwave


2. Ambil wadah mangkuk lalu isi air sampai cukup penuh, kemudian kalian bisa panaskan air tersebut di dalam microwave selama 1 menit.

merebus telur dengan microwave-5


3. Setelah air menjadi panas, kalian bisa letakan kedua telur tersebut dan tutup microwave dengan pengaturan timer selama 3,5 menit. Lebih dari 4 menit sepengalaman saya sih bisa menyebabkan beberapa bagian menjadi gosong atau abu-abu. Paling ngenes sih si telur meledak! hahaha

Biasanya sih dalam rentang 3,5 menit itu saya suka membuka microwave kemudian mengaduk-aduk sampai telur ikut memutar sesuai arah putaran air kemudian tutup kembali microwave untuk melanjutkannya sampai timer selesai. Hal ini dilakukan agar seluruh bagian matang merata.

merebus telur dengan microwave-2


4. Setelah telur rebus matang, kalian bisa mengangkatnya kemudian meletakannya pada air dingin dalam wadah mangkuk. ( oot dikit, mangkuk itu punya Ririe loh, gue pinjem dulu ya Rie :p)

Dengan memasukan telur rebus yang baru matang kedalam air dingin, maka kalian dapat dengan mudah mengupas cangkak kulit telur tanpa perlu tangan merasa kepanasan. Selain itu lebih mempersingkat waktu daripada menunggu proses pendinginan secara normal.

merebus telur dengan microwave-4


5. Tada!!! Telur rebus matang siap dimakan! Kalian bisa makan langsung atau memberikan taburan garam dan lada secukupnya untuk rasa yang lebih nikmat. Atau kalau mau kalian susun menjadi sandwhich telur dengan roti dan selada juga nikmat kok. Selamat mencoba.

merebus telur dengan microwave-3

You Might Also Like

3 comments:

  1. bahahahha oke oke gapapa pinjem aja dulu mangkok gue, tapi besok masakin ya hahahhaha

    www.sweetlikeapeach.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyeee ri, nanti gue bikinin telur dadar mcd deh hahaha

      Delete
  2. blum pernah cobain
    tp kayaknya enak juga ya

    ReplyDelete